YULIANTI, Wiyanna (2024) Perbandingan Nilai Ujian Identifikasi Anatomi Antar Jenis Gaya Belajar Visual, Auditory, Read/Write, Kinesthetic (VARK) Studi pada Mahasiswa Semester 1 Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2023. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_Wiyanna Shafitry P.Y.-G1A020070-Skripsi-2024.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Wiyanna Shafitry P.Y.-G1A020070-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Wiyanna Shafitry P.Y.-G1A020070-skripsi-2024.pdf Download (48kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Wiyanna Shafitry P.Y.-G1A020070-skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Wiyanna Shafitry P.Y.-G1A020070-skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Wiyanna Shafitry P.Y.-G1A020070-skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Wiyanna Shafitry P.Y.-G1A020070-skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Wiyanna Shafitry P.Y.-G1A020070-skripsi-2024.pdf Download (44kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Wiyanna Shafitry P.Y.-G1A020070-skripsi-2024.pdf Download (242kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Wiyanna Shafitry P.Y.-G1A020070-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
Abstract
Latar belakang: Salah satu permasalahan yang ditemukan dari tahun ke tahun dalam pembelajaran Anatomi di Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (FK Unsoed) adalah nilai ujian identifikasi Anatomi di beberapa blok semester 1 yang kurang memuaskan. Hal ini dapat disebabkan karena kesulitan mahasiswa dalam beradaptasi. Tujuan: Mengetahui distribusi rerata nilai ujian identifikasi Anatomi pra- remedial semester 1 TA 2023/2024 pada mahasiswa FK Unsoed berdasarkan jenis gaya belajar model VARK dan perbedaan bermakna dalam rerata nilai ujian identifikasi Anatomi pra-remedial semester 1 TA 2023/2024 antar berbagai jenis gaya belajar VARK pada mahasiswa FK Unsoed. Metode: Pengambilan data penelitian dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Variabel penelitian merupakan data sekunder berupa hasil pengisian kuesioner gaya belajar VARK dan nilai ujian identifikasi Anatomi pra-remedial semester 1 TA 2023/2024. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode total sampling dengan target pengisian kuisioner gaya belajar VARK adalah mahasiswa Jurusan Kedokteran Umum FK Unsoed Angkatan 2023 sejumlah 129 mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat deskriptif dan analisis bivariat dengan uji kruskal-wallis. Hasil: Distribusi jenis gaya belajar model VARK mahasiswa semester 1 TA 2023/2024 FK Unsoed adalah gaya belajar unimodal sebanyak 36.43% (visual=0.77%; Aural=4.65%; Read/write=5.43%; kinesthetic= 25.58%); gaya belajar bimodal sebanyak20.93% (VA=0%; VR=0%; VK= 4.65%; AR=0.78%; AK=14.72%; RK=0.78%); gaya belajar trimodal sebanyak 13.95% (VAR=0%; VAK=3.87%; VRK=3.1%; ARK=6.98%), dan gaya belajar quadmodal sebanyak 28.69%. Distribusi rerata nilai ujian identifikasi keempat jenis gaya belajar VARK memiliki rentang niai A sampai dengan E. Uji kruskal-wallis didapatkan nilai P=0,359. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan bermakna dalam rerata nilai ujian Identifikasi Anatomi pra-remidial semester 1 TA 2023/2024 antar berbagai jenis gaya belajar VARK pada mahasiswa FK Unsoed 2023.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G25002 |
Uncontrolled Keywords: | Anatomi, Gaya Belajar, Nilai Ujian Anatomi, VARK |
Subjects: | C > C716 Concept learning |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mrs. Wiyanna Shafitry Putri Yulianti |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 06:49 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 06:49 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31171 |
Actions (login required)
View Item |