Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengembangan Media Pembelajaran Renang Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Hasil Belajar

NINGRUM, Keken Kusuma (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Renang Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Hasil Belajar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-KEKEN KUSUMA NINGRUM-I1E021024-Skripsi-2025.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-KEKEN KUSUMA NINGRUM-I1E021024-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-KEKEN KUSUMA NINGRUM-I1E021024-Skripsi-2025.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-KEKEN KUSUMA NINGRUM-I1E021024-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 January 2026.

Download (236kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-KEKEN KUSUMA NINGRUM-I1E021024-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 January 2026.

Download (320kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-KEKEN KUSUMA NINGRUM-I1E021024-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 January 2026.

Download (682kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-KEKEN KUSUMA NINGRUM-I1E021024-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-KEKEN KUSUMA NINGRUM-I1E021024-Skripsi-2025.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-KEKEN KUSUMA NINGRUM-I1E021024-Skripsi-2025.pdf

Download (721kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-KEKEN KUSUMA NINGRUM-I1E021024-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada materi renang saat ini masih menggunakan metode konvensional dengan mengandalkan buku dan alat bantu sederhana. Media pembelajaran interaktif berbasis teknologi dapat mendukung proses belajar yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Sugiyono. Tahapan pengembangan meliputi identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi ahli, uji coba produk, revisi, uji coba pemakaian, dan uji efektivitas. Penelitian melibatkan sampel siswa kelas VII dari SMP Negeri 1 Purwokerto dan SMP Negeri 9 Purwokerto. Instrumen penelitian untuk media dikumpulkan melalui angket validasi serta penilaian dari siswa dan guru, sementara aspek kognitif diukur menggunakan soal-soal yang telah melalui uji validitas. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta uji efektivitas dengan metode kuasi-eksperimen untuk mengevaluasi pengaruh media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa.Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Augmented Reality ini sangat layak digunakan, dengan penilaian dari ahli materi sebesar 88%, ahli media 86,67%, dan ahli bahasa 100%. Penilaian dari siswa mencapai 93,46%, sedangkan penilaian dari guru sebesar 96%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kedua kelompok siswa. Uji efektivitas mengungkapkan bahwa media ini memberikan peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,000. Media ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi renang.Media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) merupakan solusi inovatif yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan pendidikan di era digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: 125024
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, media pembelajaran, renang, hasil belajar, pendidikan jasmani
Subjects: E > E69 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Mrs Keken Kusuma Ningrum
Date Deposited: 20 Jan 2025 06:30
Last Modified: 20 Jan 2025 06:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31496

Actions (login required)

View Item View Item