ANGGRAINI, Syifa Kusuma (2025) Kualitas Pelayanan PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Mersi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Syifa Kusuma Anggraini-F1B021038-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (271kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Syifa Kusuma Anggraini-F1B021038-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Syifa Kusuma Anggraini-F1B021038-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (274kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-ABSTRAK-Syifa Kusuma Anggraini-F1B021038-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 22 January 2026. Download (352kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Syifa Kusuma Anggraini-F1B021038-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 22 January 2026. Download (394kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Syifa Kusuma Anggraini-F1B021038-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 22 January 2026. Download (380kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Syifa Kusuma Anggraini-F1B021038-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Syifa Kusuma Anggraini-F1B021038-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (291kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Syifa Kusuma Anggraini-F1B021038-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (367kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Syifa Kusuma Anggraini-F1B021038-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa, kualitas pelayanan merupakan hal utama yang harus diperhatikan saat proses pemberian layanan kepada pelanggan karena dapat mempengaruhi kesuksesan yang didapat. Salah satu perusahaan jasa yang ada di Indonesia yaitu PT Pegadaian (Persero) dimana perusahaan ini bergerak pada pemberian pinjaman melalui sistem gadai. Dalam memberikan pelayanan yang baik, maka proses layanan harus dilaksanakan dari setiap lini perusahaan melalui unit terkecil. Untuk itu penelitian kali ini difokuskan pada PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Mersi yang merupakan salah satu bagian dari PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Mersi kepada nasabahnya. Penelitian ini dilihat melalui pengukuran kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Parassuraman, dan Berry yaitu Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati). Metode yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, sikap, aktivitas sosial, kepercayaan, dan pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam memilih informan yang sesuai dengan tujuan penelitian, teknik yang digunakan adalah teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Mersi sudah berjalan dengan baik, tetapi belum optimal. Masih terdapat aspek yang belum maksimal dilaksanakan yaitu pada aspek Responsiveness (Daya Tanggap) terdapat kekurangan pada waktu pelayanan. Untuk aspek lainnya sudah mendapatkan hasil yang baik atas pelayanan yang diberikan. Kesimpulan atas penelitian kualitas pelayanan di PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Mersi ini sudah mendapatkan hasil baik. Akan tetapi, perlu ada peningkatan pada aspek yang dirasa kurang dan mempertahankan aspek yang lain sehingga tercipta kualitas pelayanan yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25034 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Pegadaian, Kinerja Pegawai, Nasabah, Pelayanan |
Subjects: | C > C1020 Customer services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs SYIFA KUSUMA ANGGRAINI |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 03:32 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 03:32 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31623 |
Actions (login required)
View Item |