TRISNAWATI, Iis (2018) Pengaruh Servant Leadership terhadap Kepuasan Kerja dengan Motivasi Intrinsik sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Rumah Sakit Pertamina Cirebon). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 cover.pdf Download (643kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 legalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 abstrak.pdf Download (657kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 bab1.pdf Restricted to Repository staff only until 28 May 2026. Download (709kB) |
|
|
PDF (BabII)
5 bab2.pdf Restricted to Repository staff only until 28 May 2026. Download (751kB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 bab3.pdf Restricted to Repository staff only until 28 May 2026. Download (792kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (849kB) |
|
|
PDF (BabV)
8 bab5.pdf Download (684kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 dapus.pdf Download (638kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10 lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) |
Abstract
Persaingan dunia usaha saat ini semakin kompetitif sehingga perusahaan dituntut untuk selalu dinamis dan berinovasi menghadapi tantangan yang semakin beragam dari waktu-kewaktu. Komitmen yang tinggi seorang karyawan terhadap perusahaan sangat dibutuhkan pada kondisi persaingan saat ini dan hal tersebut dapat diwujudkan salahsatunya melalui kepuasan kerja. Faktor kepuasan kerja dengan berbagai indikasi seperti pemanfaatan kemampuan, prestasi, aktivitas, kemahiran, otoritas, kebijakan perusahaan dan penerapannya, imbalan, rekankerja, kreativitas, kemandirian, nilai-nilai moral, pengakuan, tanggungjawab, keamanan, pelayanan sosial, status sosial, hubungan dengan atasan, kemampuan teknik, variasi, kondisi kerja. Keberhasilan suatu organisasi untuk dapat tumbuh dan berkembang sangat dipengaruhi oleh kepuasan yang muncul pada seluruh anggota organisasinya. Oleh karena itu mengingat pentingnya kepuasan kerja bagi keberhasilan perusahaan maka manajemen sangat perlu untuk memikirkan bagaimana dan apa upaya yang harus dilakukan demi terwujudnya kepuasan kerja pada seluruh karyawan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Pertamina Cirebon. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 112 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportionate random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana, regresi linier berganda, regresi dengan variabel pemediasi menggunakan metode product of coefficient denganUji Sobel (Sobel Test). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh servant leadership terhadap motivasi intrinsik, untuk menganalisis pengaruh servant leadership terhadap kepuasan kerja, untuk menganalisis pengaruh motivasi intrinsik terhadap kepuasan kerja, untuk menganalisis mediasi antara motivasi intrinsik pada pengaruh servant leadership terhadap kepuasan kerja di Rumah Sakit Pertamina Cirebon. Hasil analisis pada pengujian hipotesis yang diterima menyatakan bahwa variabel servant leadership berpengaruh positif terhadap variabel motivasi intrinsik, variabel servant leadership berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan kerja, variabel motivasi intrinsik berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, variabel motivasi intrinsik memediasi pengaruh servant leadership terhadap kepuasan kerja. Saran yang dapat diberikan kepada manajemen Rumah Sakit Pertamina Cirebon yaitu agar melaksanakan upaya-upaya untuk mengembangkan servant leadership dan motivasi intrinsik melalui pelatihan kepemimpinan secara berkala pada seluruh pimpinan disetiap lini dalam perusahaan dengan mengenalkan konsep servant leadership serta hendaknya dilaksanaan coaching maupun komunikasi oleh setiap pemimpin terhadap bawahannya pada setiap bagian di perusahaan dalam rangka untuk menumbuhkan motivasi intrinsik atau dorongan yang berasal dari dalam diri setiap individu seluruh karyawan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Servant Leadership, Motivasi Intrinsik, KepuasanKerja |
| Subjects: | L > L87 Leadership |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mr Fathu Rahman Rosyidi |
| Date Deposited: | 28 May 2025 07:15 |
| Last Modified: | 28 May 2025 07:15 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
