UTAMI, Jasmine Ridha (2025) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universita Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Jasmine Ridha Utami-C1L021037-Skripsi-2025.pdf Download (33kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Jasmine Ridha Utami-C1L021037-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Jasmine Ridha Utami-C1L021037-Skripsi-2025.pdf Download (158kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Jasmine Ridha Utami-C1L021037-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Jasmine Ridha Utami-C1L021037-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Jasmine Ridha Utami-C1L021037-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Jasmine Ridha Utami-C1L021037-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Jasmine Ridha Utami-C1L021037-Skripsi-2025.pdf Download (166kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Jasmine Ridha Utami-C1L021037-Skripsi-2025.pdf Download (253kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Jasmine Ridha Utami-C1L021037-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Banyumas serta kurangnya penggunaan media pembelajaran interaktif yang dapat memfasilitasi keterlibatan siswa secara aktif. Observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran masih bersifat konvensional dan berpusat pada guru, sehingga siswa cenderung pasif dan kurang terdorong untuk berpikir secara mendalam dan analitis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa, sedangkan variabel independennya adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes berbentuk soal uraian, baik pretest maupun posttest, yang disebarkan menggunakan Google Form. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang memperoleh mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Banyumas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, dengan total 52 responden yang terdiri dari 25 siswa kelas kontrol dan 27 siswa kelas eksperimen. Analisis data dilakukan menggunakan uji Independent Sample T-test, uji Paired Sample T-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan Kahoot berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pendidik perlu mempertimbangkan penggunaan model Problem Based Learning yang dikombinasikan dengan media interaktif seperti Kahoot untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna, mendorong keaktifan siswa, dan melatih keterampilan berpikir kritis. Terutama dalam mata pelajaran Ekonomi, penerapan strategi ini dapat membantu siswa memahami konsep secara mendalam melalui pemecahan masalah kontekstual dan kolaboratif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25300 |
| Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Kahoot, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Ekonomi, Kelas XI, Critical Thinking Skills, Economics Learning, 11th Grade |
| Subjects: | C > C716 Concept learning |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs Jasmine Ridha Utami |
| Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:25 |
| Last Modified: | 02 Jun 2025 07:25 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
