SABILA, Farras Aulia (2025) Hubungan antara Stres Akademik dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Tahun Ketiga Jurusan Kedokteran Umum Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Farras Aulia Sabila-G1A021065-Skripsi-2025.pdf Download (114kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Farras Aulia Sabila-G1A021065-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Farras Aulia Sabila-G1A021065-Skripsi-2025.pdf Download (291kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Farras Aulia Sabila-G1A021065-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2026. Download (298kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Farras Aulia Sabila-G1A021065-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 17 June 2026. Download (370kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Farras Aulia Sabila-G1A021065-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 17 June 2026. Download (351kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Farras Aulia Sabila-G1A021065-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Farras Aulia Sabila-G1A021065-Skripsi-2025.pdf Download (213kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Farras Aulia Sabila-G1A021065-Skripsi-2025.pdf Download (249kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Farras Aulia Sabila-G1A021065-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Mahasiswa kedokteran sering kali menghadapi berbagai tuntutan dan tekanan yang dapat mempengaruhi prestasi akademik. Pada tahun ketiga, mahasiswa berada pada fase penuh tekanan dalam menghadapi peningkatan beban akademik serta tekanan emosional. Beberapa studi sebelumnya menemukan hubungan yang signifikan, sementara yang lain tidak menemukan hubungan. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan kecerdasan emosional dengan prestasi akademik pada mahasiswa tahun ketiga Jurusan Kedokteran Umum Universitas Jenderal Soedirman. Metodologi: Metode penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional, jumlah sampel sebanyak 92 responden dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Perceived Academic Stress (PAS) untuk melihat tingkat stres, Wong and Law Emotional Intelligence Scale (WLEIS) untuk melihat tingkat kecerdasan emosional, serta data indeks prestasi semester 5. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil: Mayoritas responden berusia 20-22 tahun (95,7%), berjenis kelamin perempuan (67,4%) dengan sebagian besar responden memiliki tingkat stres akademik tinggi (54,3%), kecerdasan emosional tinggi (51,1%), serta memiliki prestasi akademik >3,50 (45,7%). Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan prestasi akademik (p=0,208) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik (p=0.97) Kesimpulan: Prestasi akademik yang baik dapat dipengaruhi oleh stres akademik yang rendah dan kecerdasan emosional yang tinggi. Prestasi akademik yang menurun dapat dipengaruhi oleh stres akademik yang rendah dan kecerdasan emosional yang rendah. .
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | G25140 |
| Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emoisonal, Prestasi akademik, Stres akademik |
| Subjects: | A > A19 Academic achievement |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
| Depositing User: | Mrs. Farras Aulia Sabila |
| Date Deposited: | 17 Jun 2025 07:37 |
| Last Modified: | 17 Jun 2025 07:37 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34472 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
