KHASANAH, Nur (2025) Pengaruh Pola Asuh Orangtua, Lingkungan Teman Sebaya, dan Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI MAN 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Nur Khasanah-C1L021047-Skripsi-2025.pdf Download (152kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nur Khasanah-C1L021047-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nur Khasanah-C1L021047-Skripsi-2025.pdf Download (135kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nur Khasanah-C1L021047-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2026. Download (289kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nur Khasanah-C1L021047-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2026. Download (341kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nur Khasanah-C1L021047-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2026. Download (431kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nur Khasanah-C1L021047-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Nur Khasanah-C1L021047-Skripsi-2025.pdf Download (134kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nur Khasanah-C1L021047-Skripsi-2025.pdf Download (366kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nur Khasanah-C1L021047-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Banyumas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh pola asuh orangtua terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI MAN 1 Banyumas, (2) menganalisis pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI MAN 1 Banyumas, dan (3) menganalisis pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI MAN 1 Banyumas. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 1 Banyumas yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah sebanyak 155 siswa, sedangkan sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 111 siswa. Metode yang digunakan untuk mengambil sampel penelitian yaitu Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Method of Successive Interval (MSI), uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (Adjusted R2), uji goodness of fit (uji F), dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 25 menunjukkan bahwa (1) pola asuh orangtua berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, (2) lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, dan (3) keaktifan siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Implikasi: (1) Madrasah dapat menyelenggarakan program seperti sekolah parenting, seminar pengasuhan, atau forum diskusi orang tua guru untuk meningkatkan pemahaman orangtua terhadap pola asuh yang efektif. (2) Perlu bagi madrasah dan pendidik untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif melalui strategi pembelajaran yang mendorong kolaborasi dan kerja sama antar siswa, seperti diskusi kelompok, proyek bersama, dan pembelajaran berbasis tim. (3) Guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, memberikan kesempatan lebih luas bagi siswa untuk bertanya, berdiskusi, dan berpartisipasi aktif dalam kelas, seperti melalui kegiatan diskusi kelompok, presentasi siswa, proyek berbasis masalah, kuis interaktif, serta penggunaan media pembelajaran digital yang melibatkan partisipasi langsung siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25316 |
| Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orangtua, Lingkungan Teman Sebaya, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar |
| Subjects: | H > H123 High school students P > P142 Performance P > P59 Parenting |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs. Nur Khasanah |
| Date Deposited: | 18 Jun 2025 01:04 |
| Last Modified: | 18 Jun 2025 01:04 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
