NAZHIFA, Fara Hanun (2025) Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka, Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa MAN Se-Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Fara Hanun Nazhifa-C1L021042-Skripsi-2025.pdf Download (111kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fara Hanun Nazhifa-C1L021042-Skipsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fara Hanun Nazhifa-C1L021042-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (192kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB -1-Fara Hanun Nazhifa-C1L021042-Skeipsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2026. Download (303kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Fara Hanun Nazhifa-C1L021042-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2026. Download (967kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Fara Hanun Nazhifa-C1L021042-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2026. Download (453kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fara Hanun Nazhifa-C1L021042-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Fara Hanun Nazhifa-C1L021042-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (275kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fara Hanun Nazhifa-C1L021042-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (277kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fara Hanun Nazhifa-C1L021042-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka, gaya belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di MAN se-Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari 1.304 siswa kelas XI di MAN 1, MAN 2, dan MAN 3 Banyumas, dengan sampel 293 siswa yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Data dari kuesioner yang berskala ordinal kemudian ditransformasi menjadi skala interval menggunakan Metode Successive Interval (MSI), agar memenuhi persyaratan analisis statistik parametrik. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan Kurikulum Merdeka berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa, yang berarti semakin baik penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah semakin tinggi pula capaian hasil belajar siswa; (2) gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa, yang berarti gaya belajar yang sesuai dengan karakteristik siswa membantu siswa menyerap informasi dengan lebih efektif; (3) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa, yang berarti semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin besar dorongan untuk belajar secara optimal. Implikasi temuan ini adalah bahwa manajemen madrasah, terutama kepala madrasah dan koordinator kurikulum, perlu memastikan Kurikulum Merdeka diterapkan secara konsisten dan sesuai konteks. Guru perlu mendapat pelatihan berkelanjutan terkait filosofi dan teknis kurikulum. Karena gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar, guru harus didukung dengan fasilitas dan kebebasan menggunakan metode yang sesuai dengan karakter siswa. Selain itu, untuk meningkatkan motivasi belajar, madrasah dapat mengadakan program penghargaan, mentoring, kompetisi akademik, dan layanan konseling yang mendukung tujuan belajar jangka panjang siswa. Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25315 |
| Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
| Subjects: | A > A19 Academic achievement |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs. Fara Hanun Nazhifa |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 07:36 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 07:36 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
