KUSUMA, Annisha (2025) Strategi Komunikasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman Dalam Memberikan Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Masyarakat. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Annisha Shalma-F1C021054-Skripsi-2025.pdf Download (198kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Annisha Shalma-F1C021054-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Annisha Shalma-F1C021054-Skripsi-2025.pdf Download (310kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Annisha Shalma-F1C021054-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 30 July 2026. Download (634kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Annisha Shalma-F1C021054-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 30 July 2026. Download (466kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Annisha Shalma-F1C021054-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 30 July 2026. Download (363kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Annisha Shalma-F1C021054-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Annisha Shalma-F1C021054-Skripsi-2025.pdf Download (332kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Annisha Shalma-F1C021054-Skripsi-2025.pdf Download (309kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Annisha Shalma-F1C021054-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman dalam meningkatkan kepuasan masyarakat melalui pelayanan yang berkualitas. Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilakukan pada tahun 2021 – 2024, menunjukkan bahwa masyarakat mendapat kepuasan terhadap pelayanan di RSUD Sleman. Namun, nilai survei SKM menunjukkan bahwa terdapat ketidakstabilan dalam perolehan nilai. Penelitian ini menggunakan Teori Communication Goal, yaitu teori yang mengasumsikan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok pasti memiliki tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap individu atau kelompok membutuhkan strategi konkret yang dapat mendorong tercapainya tujuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan RSUD Sleman adalah memberikan informasi mengenai RSUD Sleman dan memberikan kepuasan masyarakat melalui komunikasi yang berkualitas serta melalui pelayanan prima. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh RSUD Sleman untuk mencapai tujuan komunikasi adalah menerapkan langkah-langkah komunikasi SAJI yang terdiri dari sapa, ajak berkomunikasi, jelaskan dan berikan informasi, memanfaatkan media sosial sebagai sarana penyebaran informasi, dan membangun komunikasi multikanal. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh RSUD Sleman tetap memperhatikan komponen komunikasi, seperti komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F25284 |
| Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, pelayanan rumah sakit, kepuasan masyarakat, RSUD Sleman, Teori Communication Goal |
| Subjects: | C > C631 Communication H > H250 Hospitals S > S733 Strategy |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs. Annisha Shalma Darmatyani Kusuma |
| Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:26 |
| Last Modified: | 30 Jul 2025 07:26 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
