SULISSETYANINGSIH, Eko (2017) Analisis Pengelolaan Badan Layanan Umum di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 COVER-EKO SULISSETYANINGSIH-P2CC14018.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS-EKO SULISSETYANINGSIH-P2CC14018.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK-EKO SULISSETYANINGSIH-P2CC14018.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BabI)
4 BAB I-EKO SULISSETYANINGSIH-P2CC14018.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BabII)
5 BAB II-EKO SULISSETYANINGSIH-P2CC14018.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 BAB III-EKO SULISSETYANINGSIH-P2CC14018.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 BAB IV-EKO SULISSETYANINGSIH-P2CC14018.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 BAB V-EKO SULISSETYANINGSIH-P2CC14018.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA-EKO SULISSETYANINGSIH-P2CC14018.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN-EKO SULISSETYANINGSIH-P2CC14018.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Badan Layanan Umum (BLU) merupakan instansi pemerintah yang dibentukuntuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/ataujasa dengan tidak mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU) adalah pola pengelolaan keuangan yangmemberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktek-praktek bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagai pengecualian danketentuan pengelolaan keuangan Negara pada umumnya. Namun setelah penerapan BLU, pengelolaannya masih ditemukan kejadian yang kurang sesuai dengan tujuan danaturan pengelolaan BLU. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengelolaan BLU, hambatan dan cara mengatasinya hambatan dalam pengelolaan BLUdi Universitas Jenderal Soedirman PurwokertoMetode Penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif tipe studi kasus.Teknik yang dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.Informan terdiri dari 11 orang Pejabat pengelola BLU. Dianalisis dengan menggunakan model Interaktif Miles dan Hubermen. Hasil penelitian diketahui bahwa pengelolaan BLU masih ada kendala/hambatanseperti adanya pemahaman yang kurang tentang aturan-aturan pengelolaan BLU, perlu adanya penyempurnaan dalam sistem untuk memperlancar penerapan aturan, adanya pembagian sumberdaya manusia (SDM) yang kurang proporsional pada unit-unit baru.Cara yang dapat dilakukan adalah meningkatkan koordinasi dengan saling komunikasi antara pejabat pengelola BLU, sosialisasi, workshop/pendidikan dan pelatihan tentang pemahaman aturan-aturan, penataan kembali Sumber Daya Manusia sesuai dengan kompetensi dan tempat yang tepat di masing-masing unit. Simpulan dalam pengelolaan BLU masih ditemukan beberapa kendala sehingga perlu evaluasi pengelolaan BLU dan peningkatan pemahaman pengelola BLU.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Badan Layanan Umum (BLU), Pola Pengelolaan Badan Layanan Umum(BLU) |
| Subjects: | M > M35 Management |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mrs Fathu R R |
| Date Deposited: | 31 Jul 2025 01:39 |
| Last Modified: | 31 Jul 2025 01:39 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
