MOTIK, Salsabila Surya (2025) Meningkatkan Niat Beli dengan Adopsi Teknologi VR melalui Pengalaman Pengguna dan Keterlibatan Merek. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1. COVER_SALSABILA SURYA MOTIK_C2C023029.pdf Download (172kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS_SALSABILA SURYA MOTIK_C2C023029.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK_SALSABILA SURYA MOTIK_C2C023029.pdf Download (339kB) |
|
|
PDF (BabI)
4. BAB I_SALSABILA SURYA MOTIK_C2C023029.pdf Restricted to Repository staff only until 31 July 2026. Download (396kB) |
|
|
PDF (BabII)
5. BAB II_SALSABILA SURYA MOTIK_C2C023029.pdf Restricted to Repository staff only until 31 July 2026. Download (492kB) |
|
|
PDF (BabIII)
6. BAB III_SALSABILA SURYA MOTIK_C2C023029.pdf Restricted to Repository staff only until 31 July 2026. Download (496kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7. BAB IV_SALSABILA SURYA MOTIK_C2C023029.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
|
|
PDF (BabV)
8. BAB V_SALSABILA SURYA MOTIK_C2C023029.pdf Download (356kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA_SALSABILA SURYA MOTIK_C2C023029.pdf Download (366kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN_SALSABILA SURYA MOTIK_C2C023029.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survey pada penggunaan teknologi Virtual Reality dalam platfrom Virtual Retail Experience IKEA Indonesia Penelitian ini mengambil judul “Meningkatkan Niat Beli Dengan Adopsi Teknologi VR Melalui Pengalaman Pengguna Dan Keterlibatan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Virtual Reality terhadap Niat beli dan Pengalaman Pengguna dengan Keterlibatan Merek sebagai peran mediasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data di satu waktu (cross section). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) dalam pengalaman belanja di IKEA. Ukuran sampel dalam penelitian ini 140 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SEM-PLS, menunjukkan bahwa (1) Virtual Reality memiliki pengaruh signifikan terhadap Niat Beli,(2) Virtual Reality memiliki pengaruh signifikan terhadap Pengalaman Pengguna.(3) Virtual Reality memiliki pengaruh signifikan terhadap Keterlibatan Merek,(4) Pengalaman pengguna memiliki pengaruh signifikan terhadap Niat Beli,(5) Keterlibatan Merek memiliki pengaruh signifikan terhadap Niat Beli,(6) Pengalaman Pengguna memediasi pengaruh Virtual Reality terhadap Niat Beli,(7) Keterlibatan Merek memediasi pengaruh Virtual Reality terhadap Niat Beli Implikasi dari Kesimpulan di atas adalah penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan teknologi Virtual Reality pada platfrom IKEA berpengaruh signifikan terhadap niat beli, baik secara langsung maupun melalui pengalaman pengguna dan keterlibatan merek sebagai mediator. Hasil ini menunjukkan bahwa keberhasilan IKEA tidak hanya ditentukan oleh fitur teknologinya, tetapi juga oleh seberapa baik Virtual Reality (VR) tersebut menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan membangun ikatan emosional dengan pengguna.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | P225203 |
| Uncontrolled Keywords: | Virtual Reality, Niat Beli, Pengalaman Pengguna, Keterlibatan Merek |
| Subjects: | B > B337 Brand name products H > H280 Houses Buying and selling |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mrs. Salsabila Surya Motik |
| Date Deposited: | 31 Jul 2025 01:21 |
| Last Modified: | 31 Jul 2025 01:21 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
