SUSIANA, Tyas Andri (2019) Analisis Sistem Antrian dan Optimalisasi Layanan Kasir pada Perusahaan Ritel “Rita Pasaraya Sokaraja”. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Tyas Andri Susiana-C1B015062-Skripsi-2019.pdf Download (370kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tyas Andri Susiana-C1B015062-Skripsi-2019-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tyas Andri Susiana-C1B015062-Skripsi-2019-dikonversi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Tyas Andri Susiana-C1B015062-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
PDF (BabII)
BAB-II-Tyas Andri Susiana-C1B015062-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
||
PDF (BabIII)
BAB-III-Tyas Andri Susiana-C1B015062-Skripsi-FEB-2019-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (BabIV)
BAB-IV-Tyas Andri Susiana-C1B015062-Skripsi-FEB-2019-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF (BabV)
BAB-V-Tyas Andri Susiana-C1B015062-Skripsi-FEB-2019-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tyas Andri Susiana-C1B015062-Skripsi-2019 (1).pdf Download (88kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tyas Andri Susiana-C1B015062-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (942kB) |
Abstract
Antrian merupakan suatu fenomena yang dihadapi pelanggan pada industry jasa. Salah satunya terjadi di Rita Pasaraya Sokaraja dimana penumpukan pelanggan sering terjapada jam 15.00-18.00. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis antrian yang terjadi dan menentukan jumlah kasir yang optimal. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan mencatat antrian yang terjadi pada jam sibuk . Sistem antrian yang diberlakukan oleh Rita Pasaraya Sokaraja dapat dinyatakan dengan notasi (M/M/c). Disiplin pelayanan yang diberlakukan pada Rita Pasaraya Sokaraja adalah disiplin pelayanan First In First Out (FIFO). Dari hasil penghitungan kinerja sistem antrian pada Rita Pasaraya Sokaraja, apabila menggunakan 5 kasir maka banyaknya rata-rata pelanggan dalam antrian (Lq) menurun, dari 5,1057 menjadi 0. Begitu juga dengan rata-rata waktu yang dibutuhkan pelanggan dalam antrian (Wq) menurun dari 0,1270 menjadi 0. Pernyataan tersebut diperkuat dengan turunnya tingkat utilitas pelayanan kasir dari 0,5116 menjadi 0,2470. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pihak Rita Pasaraya Sokaraja sebaiknya melakukan penambahan 2 kasir agar lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C19261 |
Uncontrolled Keywords: | Poisson, Eksponensial, Analisis Antrian. |
Subjects: | C > C1020 Customer services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 02:35 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 02:35 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3544 |
Actions (login required)
View Item |