RODJA, Nurul Salsabilah (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (Ts Ts) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X Di Sma Muhammadiyah 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Nurul Salsabilah Rodja-C1L021029-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (145kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurul Salsabilah Rodja-C1L021029-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurul Salsabilah Rodja-C1L021029-Skripsi-2025-pdf.pdf Download (194kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nurul Salsabilah Rodja-C1L021029-Skripsi-2025-pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2026. Download (265kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nurul Salsabilah Rodja-C1L021029-Skripsi-2025-pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2026. Download (386kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nurul Salsabilah Rodja-C1L021029-Skripsi-2025-pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2026. Download (438kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nurul Salsabilah Rodja-C1L021029-Skripsi-2025-pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nurul Salsabilah Rodja-C1L021029-Skripsi-2025-pdf.pdf Download (191kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nurul Salsabilah Rodja-C1L021029-Skripsi-2025-pdf.pdf Download (236kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nurul Salsabilah Rodja-C1L021029-Skripsi-2025-pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS TS) terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didk kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Tujuannya adalah untuk menganalisis sejauh mana penerapan model TS TS dapat meningkatkan keterlibatan aktif dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peserta didik yang menerapkan model pembelajaran TS TS memiliki nilai keaktifan belajar lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional; (2) Peserta didik yang menerapkan model pembelajaran TS TS memiliki nilai hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat perbedaan keaktifan belajar antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran TS TS dengan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional; (4) Terdapat perbedaan keaktifan belajar antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran TS TS dengan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Temuan ini mengimplikasikan bahwa sekolah dan guru dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model TS TS sebagai strategi pembelajaran yang lebih interaktif. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan TS TS sebagai alternatif model pembelajaran kolaboratif yang efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan produktif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25349 |
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar |
| Subjects: | S > S774 Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs Nurul Salsabilah Rodja |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:50 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 02:50 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35592 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
