Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Dampak Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Partisipasi Aktif Siswa dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng Tahun Pelajaran 2024/2025

SATIFAH, Siti (2025) Dampak Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Partisipasi Aktif Siswa dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Siti Satifah-C1L021002-Skripsi-2025.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGLITAS-Siti Satifah-C1L021002-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Siti Satifah-C1L021002-Skripsi-2025.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Siti Satifah-C1L021002-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 August 2026.

Download (292kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Siti Satifah-C1L021002-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 August 2026.

Download (281kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Siti Satifah-C1L021002-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 August 2026.

Download (299kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Siti Satifah-C1L021002-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Siti Satifah-C1L021002-Skripsi-2025.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Siti Satifah-C1L021002-Skripsi-2025.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Siti Satifah-C1L021002-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai dampak model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap partisipasi aktif siswa dan hasil belajar pada peserta didik kelas X SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng. Permasalahan rendahnya partisipasi aktif siswa dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi menjadi dasar penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan partisipasi aktif siswa dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran PjBL dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode quasi eksperimental dengan model non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng) yang berjumlah 308 peserta didik. Sampel penelitian ini ditentukan melalui Teknik purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 58 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan masing-masing kelas berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu dengan menggunakan tes pilihan ganda, lembar observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t yaitu independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1)Terdapat perbedaan dalam partisipasi aktif siswa antara peserta didik yang menerapkan pembelajaran PjBL dan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional; (2)Terdapat perbedaan dalam hasil belajar antara peserta didik yang menerapkan pembelajaran PjBL dan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Implikasi pada penelitian ini yaitu: Sekolah perlu terus mendorong penggunaan model pembelajaran yang inovatif seperti PjBL guna meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran. Penerapan model pembelajaran yang relevan dengan tuntutan pendidikan abad 21 dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih aktif, kreatif, dan kolaboratif. Guru perlu menerapkan model pembelajaran PjBL terutama pada mata pelajaran Akuntansi untuk meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa. Peserta didik diharapkan dapat lebih aktif, mandiri, dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran melalui penerapan model PjBL. Dengan demikian, peserta didik akan lebih memahami materi ajar karena terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran yang menuntut keterlibatan aktif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25411
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Partisipasi Aktif Siswa, Hasil Belajar
Subjects: A > A19 Academic achievement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. SITI SATIFAH
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:34
Last Modified: 13 Aug 2025 02:34
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35802

Actions (login required)

View Item View Item