PRATIWI, Reka Biantika (2019) Analisis Ketidaklengkapan Berkas Klaim Pasien Rawat Inap Peserta JKN di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Reka Biantika Pratiwi-I1A015084-Skripsi-FIKES-2019.pdf Download (19kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf Download (249kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
PDF (BabII)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (BabIII)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
PDF (BabIV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
PDF (BabV)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo membentuk tim verifikator internal untuk memperlancar pembayaran klaim peserta JKN dari BPJS Kesehatan ke rumah sakit. Dalam pelaksanaan administrasi klaim masih terjadi pengembalian klaim karena berkas klaim belum lengkap. Tahun 2018 jumlah pengembalian terbanyak terjadi pada bulan Desember. Sebanyak 548 berkas klaim dikembalikan karena perlu konfirmasi diagnosa, entry kode INA-CBGs, serta pemeriksaan ulang tanggal dan cara pulang pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketidaklengkapan berkas klaim pasien rawat inap peserta JKN di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan thematic network. Sumber data didapatkan dari wawancara mendalam, studi dokumen dan observasi. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil Penelitian: Keterbatasan SDM dan upaya peningkatan sarana prasarana terhadap optimalisasi input, tahapan dalam administrasi klaim yang belum adekuat, pengaruh kinerja SDM terhadap kualitas klaim, dukungan kebijakan dan manajemen dalam administrasi klaim. Kesimpulan: Kinerja SDM dalam administrasi klaim pasien rawat inap peserta JKN terkendala kuantitas SDM dan sarana prasarana, proses manajemen yang belum adekuat, serta kurangnya dukungan berupa kebijakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I19231 |
Uncontrolled Keywords: | administrasi klaim, rawat inap, JKN. |
Subjects: | H > H56 Health insurance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 07:34 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 07:34 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3610 |
Actions (login required)
View Item |