Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Ketidaklengkapan Berkas Klaim Pasien Rawat Inap Peserta JKN di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo

PRATIWI, Reka Biantika (2019) Analisis Ketidaklengkapan Berkas Klaim Pasien Rawat Inap Peserta JKN di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-Reka Biantika Pratiwi-I1A015084-Skripsi-FIKES-2019.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo membentuk tim verifikator internal untuk memperlancar pembayaran klaim peserta JKN dari BPJS Kesehatan ke rumah sakit. Dalam pelaksanaan administrasi klaim masih terjadi pengembalian klaim karena berkas klaim belum lengkap. Tahun 2018 jumlah pengembalian terbanyak terjadi pada bulan Desember. Sebanyak 548 berkas klaim dikembalikan karena perlu konfirmasi diagnosa, entry kode INA-CBGs, serta pemeriksaan ulang tanggal dan cara pulang pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketidaklengkapan berkas klaim pasien rawat inap peserta JKN di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan thematic network. Sumber data didapatkan dari wawancara mendalam, studi dokumen dan observasi. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil Penelitian: Keterbatasan SDM dan upaya peningkatan sarana prasarana terhadap optimalisasi input, tahapan dalam administrasi klaim yang belum adekuat, pengaruh kinerja SDM terhadap kualitas klaim, dukungan kebijakan dan manajemen dalam administrasi klaim. Kesimpulan: Kinerja SDM dalam administrasi klaim pasien rawat inap peserta JKN terkendala kuantitas SDM dan sarana prasarana, proses manajemen yang belum adekuat, serta kurangnya dukungan berupa kebijakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I19231
Uncontrolled Keywords: administrasi klaim, rawat inap, JKN.
Subjects: H > H56 Health insurance
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:34
Last Modified: 03 Feb 2020 07:34
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3610

Actions (login required)

View Item View Item