NURULIA, Atik Farda (2025) Analisis Faktor Politik dalam Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Atik Farda Nurulia-F1D021016-Skripsi-2025.pdf Download (238kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Atik Farda Nurulia-F1D21016-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Atik Farda Nurulia-F1D021016-Skripsi-2025.pdf Download (256kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I -Atik Farda Nurulia-F1D021016-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (275kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Atik Farda Nurulia-F1D021016-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (248kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Atik Farda Nurulia-F1D021016-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (251kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Atik Farda Nurulia-F1D021016-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Atik Farda Nurulia-F1D021016-Skripsi-2025.pdf Download (184kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Atik Farda Nurulia-F1D021016-Skripsi-2025.pdf Download (243kB) |
Abstract
Mal Pelayanan Publik (MPP) merupakan bagian dari reformasi birokrasi di Indonesia yang bertujuan menyederhanakan layanan publik melalui integrasi berbagai instansi dalam satu tempat. Pelaksanaan Mal Pelayanan Publik tidak hanya ditentukan oleh aspek teknis dan administratif, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh kondisi politik lokal. Di Kabupaten Banyumas, kebijakan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik mencerminkan hubungan antara visi kepala daerah, dinamika birokrasi, dan kepentingan politik di lingkungan pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor politik terhadap implementasi kebijakan Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap informan kunci yang dipilih secara purposive, yaitu sekretariat, staf Mal Pelayanan Publik, dan mitra instansi vertikal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan politik kepala daerah mempercepat proses pembentukan Mal Pelayanan Publik, namun pada saat yang sama muncul tantangan serius berupa fragmentasi kebijakan, resistensi dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah, serta tarik-menarik kewenangan antar instansi. Selain itu, kepentingan politik lokal juga mempengaruhi struktur koordinasi dan pengambilan keputusan, sehingga menghambat integrasi penuh layanan. Implikasi dari temuan ini menunjukkan perlunya penguatan koordinasi antar dinas, kepemimpinan yang kolaboratif, serta mekanisme pengawasan yang transparan dan partisipatif. Upaya reformasi birokrasi melalui Mal Pelayanan Publik hanya akan berhasil jika didukung oleh stabilitas politik yang sehat dan kesadaran kolektif akan pentingnya pelayanan publik yang berorientasi pada warga.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F25314 |
| Uncontrolled Keywords: | Mal Pelayanan Publik, Impementasi Kebijakan, Faktor Politik, Pemerintah daerah |
| Subjects: | C > C432 Civil service |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
| Depositing User: | Mrs. Atik Farda Nurulia |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 02:44 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 02:44 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
