Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Slack Resources dan Media Exposure terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan sebagai Variabel Kontrol (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur 2020-2024)

INAS, Rr Puteri Aida Laily (2025) Pengaruh Slack Resources dan Media Exposure terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan sebagai Variabel Kontrol (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur 2020-2024). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER- RR Puteri Aida Laily Inas-C2D023021-Tesis-2025.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rr Puteri Aida Laily Inas-C2D023021-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rr Puteri Aida Laily Inas-C2D023021-Tesis-2025.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Rr Puteri Aida Laily Inas-C2D023021-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (491kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Rr Puteri Aida Laily Inas-C2D023021-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (384kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Rr Puteri Aida Laily Inas-C2D023021-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (191kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Rr Puteri Aida Laily Inas-C2D023021-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Rr Puteri Aida Laily Inas-C2D023021-Tesis-2025.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rr Puteri Aida Laily Inas-C2D023021-Tesis-2025.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rr. Puteri Aida Laily Inas-C2D023021-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Pengaruh Slack Resources dan Media exposure Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan sebagai Variabel Kontrol (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur 2020-2024). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Slack Resources dan Media exposure Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan sebagai Variabel Kontrol Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori legitimasi dan teori stakeholder. Slack resources juga merupakan sumber daya berlebih aktual dan potensial perusahaan yang dapat digunakan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan kondisi karena tekanan internal atau eksternal. Sumber daya ini melebihi jumlah minimum yang diperlukan untuk menjaga operasi dan integritas perusahaan. Exposure adalah pemaparan tentang suatu informasi di berberapa media. Dalam mengungkapkan CSR nya, ada tiga media yang sering dipakai yakni internet /website perusahaan, koran, dan TV. Media exposure tidak hanya merupakan sekadar keberadaan dalam berbagai platform media, tetapi juga strategi yang terencana untuk memaksimalkan pengaruh perusahaan pada masyarakat. Di dalam konteks ini, media exposure dianggap sebagai elemen kunci untuk meningkatkan visibilitas dan reputasi perusahaan di mata publik. ukuran perusahaan dapat didefinisikan sebagai perbandingan seberapa besar atau kecilnya suatu entitas. Semakin besar ukuran perusahaan maka semakin baik sistem dan teknologi yang dimilikinya, dan semakin mudah bagi manajemen untuk menggunakan aktiva yang dimilikinya. Semakin besar ukuran perusahaan maka semakin baik sistem kinerjanya.Umur perusahaan adalah faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan dalam mengungkapkan tanggung jawab sosialnya. Umur perusahaan menggambarkan lamanya perusahaan tersebut berdiri dan berlangsungnya aktivitas usahanya Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel dependen adalah Corporate Social Responsibility. Variabel independen penelitian ini adalah slack resources dan media exposure dengan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan dan umur peusahaan. Teknik penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder atau data keuangan perusahaan manufaktuur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik analisis menggunakan uji statistik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, dan model regresi data panel(common effect, fixed effect dan random effect). Pendekatan estimasi dalam refresi data panel menggunakan uji chow dan uji hausman. Penelitian ini menggunakan alat statistic evies 12. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 35 sampel. Purposive sampling method digunakan dalam penentuan sampel Hipotesis penelitian ini adalah: H1 :Pengaruh slack resources terhadap corporate social responsibility. H2: Pengaruh media exposure terhadap corporate social responsibility. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa: (1) Slack resources tidak berpengaruh positif terhadap Coorporate Social Responsibility (CSR) (2) Media exposure tidak berpengaruh positif terhadap Coorporate Social Responsibility (CSR) (3) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh positif terhadap Coorporate Social Responsibility (CSR) (4) Umur perusahaan berpengaruh positif terhadap Coorporate Social Responsibility (CSR) Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu Manajemen perusahaan disarankan lebih fokus pada pengungkapan CSR yang terperinci dan transparan agar dapat meningkatkan kepercayaan investor dan pemangku kepentingan lainnya. Secara akademis, penelitian CSR memperkaya kajian dalam bidang akuntansi , komunikasi dan manajemen serta dapat dijadikan dasar pengembangan penelitian lebih lanjut terkait factor-faktor yang mempengaruhi dan efektivitas CSR. Pengungkapan CSR lebih relevan sebagai strategi jangka panjang, karena perusahaan yang aktif melakukan CSR berpotensi memiliki reputasi yang lebih baik, meningkatkan kepercayaan, dan memberikan jaminan keamanan lebih kepada investor. Namun, reaksi investor terhadap pengungkapan beban CSR cenderung negatif jika dipandang sebagai pemborosan sumber daya yang berdampak pada laba perusahaan dan pengembalian investasi. Penelitian juga menyarankan agar investor meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya aspek sosial dan tata kelola perusahaan (good corporate governance/CG) yang terkait dengan CSR. Ke depan, diharapkan CSR bisa menjadi salah satu faktor pertimbangan utama dalam menilai risiko dan prospek perusahaan, tidak hanya berdasarkan indikator keuangan saja. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas sampel, menggunakan populasi atau indeks lain di BEI, serta memperpanjang periode pengamatan. Tujuannya adalah agar hasil penelitian lebih akurat dan dapat memprediksi secara lebih komprehensif pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan. Penting untuk menambah variabel lain seperti leverage, manajemen laba, ukuran perusahaan, dan profitabilitas, agar dapat memberikan gambaran lebih utuh mengenai faktor-faktor yang memengaruhi pengungkapan CSR. Penelitian dapat diarahkan untuk meningkatkan motivasi perusahaan dan investor dalam memperhatikan dan mengungkapkan CSR, mendorong perubahan paradigma bahwa aktivitas sosial perusahaan juga penting bagi keberlanjutan dan daya tarik investasi di masa depan

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P225262
Uncontrolled Keywords: Coorporate Social Responsibility , Slack resources, media exposure, ukuran perusahaan dan umur perusahaan Keywords: Corporate Social Responsibility, Slack resources, media exposure, company size and company age
Subjects: C > C865 Corporations Finance
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Akuntansi
Depositing User: Mrs Rr. Puteri Aida Laily Inas
Date Deposited: 26 Aug 2025 08:03
Last Modified: 26 Aug 2025 08:03
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36877

Actions (login required)

View Item View Item