Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Literasi Digital, Self-Regulated Learning, dan Reinforcement Positif terhadap Student Engagement dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Purwokerto

WULANDARI, Caya Pramudita (2025) Pengaruh Literasi Digital, Self-Regulated Learning, dan Reinforcement Positif terhadap Student Engagement dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Caya Pramudita Wulandari-C1L021025-Skripsi-2025.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Caya Pramudita Wulandari-C1L021025-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Caya Pramudita Wulandari-C1L021025-Skripsi-2025.pdf

Download (289kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Caya Pramudita Wulandari-C1L021025-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (407kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Caya Pramudita Wulandari-C1L021025-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (536kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Caya Pramudita Wulandari-C1L021025-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (559kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Caya Pramudita Wulandari-C1L021025-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Caya Pramudita Wulandari-C1L021025-Skripsi-2025.pdf

Download (282kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Caya Pramudita Wulandari-C1L021025-Skripsi-2025.pdf

Download (280kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Caya Pramudita Wulandari-C1L021025-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital, self-regulated learning, dan reinforcement positif terhadap student engagement dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Purwokerto. Melalui penelitian ini, dapat diketahui sejauh mana tingkat literasi digital siswa, kemampuan self-regulated learning, serta penerapan reinforcement positif berperan dalam meningkatkan student engagement dalam pembelajaran ekonomi. Temuan dari penelitian ini diharapkan menjadi acuan yang berguna dalam proses pengambilan keputusan, khususnya dalam merumuskan kebijakan dan strategi pembelajaran di sekolah yang bertujuan untuk memperkuat student engagement dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang memuat pernyataan tertutup serta pertanyaan terbuka untuk menggali informasi secara lebih mendalam dari para responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang bertujuan untuk menguji pengaruh variabel literasi digital, self-regulated learning, dan reinforcement positif terhadap student engagement. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Purwokerto pada tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 355 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 188 siswa yang berasal dari kelas X MB 1 sampai X MB 10 dan ditentukan menggunakan teknik proportionate simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap student engagement. Kedua, self-regulated learning juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan siswa. Ketiga, reinforcement positif terbukti memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran ekonomi. Ketiga temuan ini menegaskan bahwa literasi digital, self-regulated learning, dan reinforcement positif secara bersama-sama berkontribusi dalam mendorong peningkatan student engagement, khususnya dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Purwokerto. Implikasi dari penelitian ini mencakup pentingnya peningkatan kesadaran etika digital siswa, penerapan strategi pembelajaran yang mendorong kemandirian belajar oleh guru. Selain itu, pemberian reinforcement positif juga perlu dioptimalkan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25426
Uncontrolled Keywords: Student Engagement, Literasi Digital, Self-Regulated Learning Reinforcement Positif
Subjects: S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Caya Pramudita Wulandari
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:46
Last Modified: 26 Aug 2025 01:46
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36888

Actions (login required)

View Item View Item