FAJAR, Indra Rukmana (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Bersalin di RSUD Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedriman.
|
PDF (Cover)
COVER-FAJAR INDRA RUKMANA- F1B008020 -2016.pdf Download (714kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-FAJAR INDRA RUKMANA- F1B008020 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-FAJAR INDRA RUKMANA- F1B008020 -2016.pdf Download (527kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-FAJAR INDRA RUKMANA- F1B008020 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 2 September 2026. Download (579kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-FAJAR INDRA RUKMANA- F1B008020 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 2 September 2026. Download (615kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-FAJAR INDRA RUKMANA- F1B008020 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 2 September 2026. Download (658kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-FAJAR INDRA RUKMANA- F1B008020 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-FAJAR INDRA RUKMANA- F1B008020 -2016.pdf Download (533kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-FAJAR INDRA RUKMANA- F1B008020 -2016.pdf Download (554kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-FAJAR INDRA RUKMANA- F1B008020 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Bersalin di RSUD Banyumas”. Penelitian ini di latarbelakangi oleh tujuan pembangunan nasional dalam bidang kesehatan dan dalam upaya pencapaian kesepakatan Millenium Development Goal’s (MDG’s), khususnya mengurangi Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. Penelitian ini mengambil lokasi di RSUD Banyumas, data dari Dinas Kesehatan menyebutkan bahwa Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi di Kabupaten Banyumas cukup tinggi. Ujung tombak dari upaya penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi adalah Bidan yang berperan sebagai pelaksana program persalinan. Bidan diharuskan mempunyai bekal kompetensi pelayanan kebidanan yang baik agar mampu memberikan pelayanan persalinan yang berkualitas kepada masyarakat. Pelayanan kebidanan yang berkualitas tentunya akan memberikan kepuasan bagi masyarakat sebagai pasien bersalin,oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kebidanan terhadap kepuasan pasien bersalin di RSUD Banyumas. Kepuasan pasien merupakan perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kebidanan yang diperolehnya setelah pasien bersalin membandingkannya dengan apa yang diharapkan. Apabila pelayanan kebidanan di bawah harapan, maka pasien bersalin akan merasa tidak puas, apabila pelayanan kebidanan sesuai harapan maka pasien bersalin akan merasa puas dan apabila pelayanan kebidanan melebihi harapan maka pasien bersalin akan merasa sangat puas. Merujuk dari kerangka teori terlihat ada hubungan antara kualitas pelayanan kebidanan dengan kepuasan pasien bersalin, oleh karena itu variabel dari penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Kebidanan sebagai Variabel X dan Kepuasan Pasien Bersalin sebagai Variabel Y. Hipotesis dari penelitian ini adalah “ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh kualitas pelayanan kebidanan dengan kepuasan pasien bersalin di RSUD Banyumas”. Penelitian ini menggunakan desain studi deskripsi kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden pasien bersalin di RSUD Banyumas sebanyak 65 reponden. Data diinterpretasikan dalam skala ordinal dan analisis data menggunakan korelasi kendall’s tau –b dan analisis regresi ordinal. Hasil penelitian sesuai dengan olah data distribusi frekuensi sebanyak 50 orang responden (77%) dari total 65 orang responden menyatakan kualitas pelayanan kebidanan ada pada kategori “SEDANG”, sedangkan sebanyak 63 orang responden (97%) dari total 65 orang responden menyatakan kepuasan pasien bersalin ada pada kategori “PUAS”. Merujuk dari hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pengaruh kualitas pelayanan kebidanan terhadap kepuasan pasien bersalin di RSUD Banyumas. Sesuai hasil penelitian, kualitas pelayanan kebidanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien bersalin. Oleh karena itu diperlukan peningkatan kualitas pelayanan kebidanan oleh RSUD Banyumas agar meningkatkan kepuasan pasien bersalin di RSUD Banyumas. Peningkatan kualitas pelayanan kebidanan dapat dilakukan dengan peningkatan sumber daya kebidanan melalui pelatihan dan seminar pelayanan kebidanan serta didukung dengan fasilitas sarana dan prasarana kebidanan yang modern sehingga menunjang dalam pemberian pelayanan kebidanan kepada pasien bersalin. Jika kualitas pelayanan kebidanan sudah meningkat maka akan sangat mudah dalam mencapai tujuan MDG’s untuk menekan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F16098 |
| Uncontrolled Keywords: | Kebijakan kesehatan, kualitas pelayanan kebidanan, kepuasan pasien bersalin. |
| Subjects: | H > H47 Health S > S232 Services for |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
| Depositing User: | Mrs Lati Larasati UPA Perpustakaan Unsoed |
| Date Deposited: | 02 Sep 2025 02:27 |
| Last Modified: | 02 Sep 2025 02:27 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
