USWATUNNISA, Aisyah (2015) Hubungan Antara Akses Berbelanja di Marketplace Shopee dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2024. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Aisyah Uswatunnisa-F1A019087-SKRIPSI-2025.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aisyah Uswatunnisa-F1A019087-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aisyah Uswatunnisa-F1A019087-SKRIPSI-2025.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Aisyah Uswatunnisa-F1A019087-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 26 September 2026. Download (2MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Aisyah Uswatunnisa-F1A019087-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 26 September 2026. Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Aisyah Uswatunnisa-F1A019087-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 26 September 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Aisyah Uswatunnisa-F1A019087-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Aisyah Uswatunnisa-F1A019087-SKRIPSI-2025.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aisyah Uswatunnisa-F1A019087-SKRIPSI-2025.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aisyah Uswatunnisa-F1A019087-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Shopee menjadi salah satu platform marketplace yang ramai digunakan karena memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen dalam memberi akses berbelanja seperti promo, metode pembayaran yang mudah, voucher serta harga yang bersaing. Akses yang ditawarkan Shopee dapat memicu meningkatnya daya beli, terutama bagi mahasiswa. Oleh karena itu, penawaran Shopee diduga memiliki hubungan dengan perilaku konsumtif mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat akses berbelanja di Shopee dan tingkat perilaku konsumtif mahasiswa serta hubungan antara akses berbelanja Shopee dengan perilaku konsumtif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei eksplanatif asosiatif. Lokasi penelitian dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitasa Jenderal Soedirman. Sasaran penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2024, Universitas Jenderal Soedirman. Teknik samplingnya proportionate random sampling. Metode pengumpulan data berupa angket yang disebarkan kepada mahasiswa. Alat uji statistik berupa korelasi rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengaksesan di marketplace berada dalam tingkatan sedang (58,5%). Kemudian, tingkat perilaku konsumtif berada dalam tingkat sedang yaitu (50,2%). Penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara akses berbelanja di marketplace Shopee dengan perilaku konsumtif mahasiswa. Hal dibuktikan dengan nilai signifikansi 99%. Artinya, semakin tinggi akses berbelanja di marketplace Shopee, maka akan semakin tinggi pula perilaku konsumtif mahasiswa. Sebaliknya, semakin rendah akses berbelanja di marketplace Shopee, maka perilaku konsumtif juga semakin rendah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F25390 |
| Uncontrolled Keywords: | Fitur, Shopee, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa |
| Subjects: | C > C795 Consumption Economics E > E167 Electronic commerce |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
| Depositing User: | Mrs. Aisyah Uswatunnisa |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 02:09 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 02:09 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
