NAZAR, Maula Kusumah (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Etiket Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ciamis. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 Cover NAZAR MAULA KUSUMAH F1B010005 - 2016.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 Legalitas NAZAR MAULA KUSUMAH F1B010005 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 Abstrak NAZAR MAULA KUSUMAH F1B010005 - 2016.pdf Download (974kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 Bab I NAZAR MAULA KUSUMAH F1B010005 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 26 September 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
5 Bab II NAZAR MAULA KUSUMAH F1B010005 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 26 September 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 Bab III NAZAR MAULA KUSUMAH F1B010005 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 26 September 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 Bab IV NAZAR MAULA KUSUMAH F1B010005 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 Bab V NAZAR MAULA KUSUMAH F1B010005 - 2016.pdf Download (972kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 Daftar Pustaka NAZAR MAULA KUSUMAH F1B010005 - 2016.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10 Lampiran NAZAR MAULA KUSUMAH F1B010005 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Masyarakat menginginkan pelayanan publik yang efektif dan efisien dari pemerintah dalam berbagai hal. Pelayanan publik merupakan masalah yang terus menerus selalu ada bagi instansi pemerintah atau badan usaha milik negara yang menyelenggarakan. Instansi pemerintah dalam hal ini Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ciamis terus berupaya memberikan pelayanan yang prima. Dalam beberapa tahun terakhir ini berbagai masalah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ciamis muncul ke permukaan, hal ini terkait dengan pelayanan yang berbelit, biaya yang tinggi, dan waktu yang lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan masyarakat (Y), besarnya pengaruh etiket pelayanan (X2) terhadap kepuasan masyarakat (Y), dan besarnya pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan etiket pelayanan (X2) terhadap kepuasan masyarakat (Y) di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, untuk mengetahui adakah pengaruh dari variabel kualitas pelayanan dan etiket pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, dan observasi. Sasaran dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan jasa pelayanan pembuatan sertifikat tanah di Kantor BPN Kabupaten Ciamis dalam setahun terakhir. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari uji regresi ordinal menunjukkan bahwa dari dua variabel yang terdiri dari kualitas pelayanan dan etiket pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa semua variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap variabel dependen yaitu kepuasan masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F16176 |
| Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Publik, Etiket Pelayanan, Kepuasan Masyarakat |
| Subjects: | J > J56 Job satisfaction |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
| Depositing User: | Mrs Lati Larasati UPA Perpustakaan Unsoed |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:21 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 03:21 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
