Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Biaya Berpindah, dan Daya Tarik Alternatif terhadap Niat Berpindah Konsumen Grab di Purwokerto Dimoderasi Akurasi Informasi Aplikasi

RAMADHAN, Anang Yanuar (2025) Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Biaya Berpindah, dan Daya Tarik Alternatif terhadap Niat Berpindah Konsumen Grab di Purwokerto Dimoderasi Akurasi Informasi Aplikasi. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-ANANG YANUAR RAMADHAN-C2C022058-THESIS-2025.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ANANG YANUAR RAMADHAN-C2C022058-THESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ANANG YANUAR RAMADHAN-C2C022058-THESIS-2025.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-ANANG YANUAR RAMADHAN-C2C022058-THESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (66kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-ANANG YANUAR RAMADHAN-C2C022058-THESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (191kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-ANANG YANUAR RAMADHAN-C2C022058-THESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (253kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-ANANG YANUAR RAMADHAN-C2C022058-THESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-ANANG YANUAR RAMADHAN-C2C022058-THESIS-2025.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ANANG YANUAR RAMADHAN-C2C022058-THESIS-2025.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ANANG YANUAR RAMADHAN-C2C022058-THESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan, biaya berpindah, dan daya tarik alternatif terhadap niat berpindah konsumen aplikasi Grab di Purwokerto, dengan akurasi informasi aplikasi sebagai variabel moderasi. Fenomena tingginya persaingan dalam industri transportasi online dan menurunnya pangsa pasar Grab menjadi latar belakang utama studi ini. Penelitian ini mengacu pada Expectancy Disconfirmation Theory (EDT) yang dimodifikasi dengan menambahkan variabel moderasi akurasi informasi aplikasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei kuesioner. Sampel pada penelitian ini didapatkan dengan menggunakan accidental sampling terhadap 100 responden pengguna Grab di Purwokerto. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh negatif signifikan terhadap niat berpindah, daya tarik alternatif berpengaruh positif signifikan terhadap niat berpindah, biaya berpindah memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap niat berpindah, dan akurasi informasi aplikasi terbukti memperkuat pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat berpindah (interaksi moderasi signifikan). Terdapat dua implikasi pada penelitian ini. Pertama, implikasi teoritis mengenai bagaimana variabel akurasi informasi aplikasi memengaruhi hubungan antara variabel kepuasan pelanggan pelanggan terhadap niat berpindah. Kedua, implikasi manajerial dari penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan layanan, pemanfaatan informasi akurat di aplikasi, dan strategi retensi pelanggan guna mengurangi kecenderungan pelanggan untuk beralih ke kompetitor.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P225364
Uncontrolled Keywords: Niat berpindah, Kepuasan Pelanggan, Akurasi Informasi Aplikasi, GRAB
Subjects: C > C793 Consumers
M > M567 Motivation Psychology
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mr. ANANG YANUAR RAMADHAN
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:50
Last Modified: 01 Oct 2025 07:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37544

Actions (login required)

View Item View Item