Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Fasilitas Sekolah, Self Directed Learning, Self Regulated Learning dan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Purwokerto

NUR ISTIQOMAH, Afifah (2025) Pengaruh Fasilitas Sekolah, Self Directed Learning, Self Regulated Learning dan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_Afifah Nur Istiqomah_C1L021003_Skripsi_2025.pdf

Download (346kB)
[img] PDF (Bab Legalitas)
Legalitas_Afifah Nur Istiqomah_C1L021003_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_Afifah Nur Istiqomah_C1L021003_Skripsi_2025.pdf

Download (376kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab I_Afifah Nur Istiqomah_C1L021003_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 October 2026.

Download (526kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab II_Afifah Nur Istiqomah_C1L021003_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 October 2026.

Download (717kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab III_Afifah Nur Istiqomah_C1L021003_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 October 2026.

Download (694kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab IV_Afifah Nur Istiqomah_C1L021003_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab V_Afifah Nur Istiqomah_C1L021003_Skripsi_2025.pdf

Download (435kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Afifah Nur Istiqomah_C1L021003_Skripsi_2025.pdf

Download (354kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Afifah Nur Istiqomah_C1L021003_Skripsi_2025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan 76,51% siswa yang belum tuntas memenuhi nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dalam mata pelajaran ekonomi. Hal ini dapat di pengaruhi faktor internal (karakter siswa, sikap, motivasi, konsentrasi, mengolah bahan ajar, menggali hasil belajar, rasa percaya diri, kebiasaan belajar) dan faktor eksternal (peran guru, teman sebaya, kurikulum sekolah, sarana dan prasarana). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas sekolah, self directed learning, self regulated learning, dan literasi digital terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 3 Purwokerto yang berjumlah 396 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 199 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian menggunakan kuesioner tertutup dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian dan analisis data menggunakan SPSS menunjukkan bahwa (1) fasilitas sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar, (2) self directed learning berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar, (3) self regulated learning berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar, dan (4) literasi digital berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar. Implikasi untuk meningkatkan hasil belajar (1) Fasilitas sekolah yang tersedia dimanfaatkan secara efektif dalam pembelajaran, (2) self directed learning siswa memiliki inisiatif untuk belajar secara mandiri, merencanakan target, dan mengevaluasi hasil belajar, (3) self regulated learning mampu meningkatkan inisiatif siswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses belajarnya, (4) penguasaan literasi digital membuka akses terhadap sumber belajar yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25484
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Sekolah, Self Directed Learning, Self Regulated Learning, Literasi Digital, Hasil Belajar.
Subjects: A > A19 Academic achievement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. Afifah Nur Istiqomah
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:30
Last Modified: 10 Oct 2025 03:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37672

Actions (login required)

View Item View Item