SALSABILA, Tazkia Ghias (2016) Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas (Studi Kasus Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 Cover Tazkia Ghias Salsabila F1B012054 - 2016.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 Legalitas Tazkia Ghias Salsabila F1B012054 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 Abstrak Tazkia Ghias Salsabila F1B012054 - 2016.pdf Download (975kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 Bab I Tazkia Ghias Salsabila F1B012054 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 15 October 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
5 Bab II Tazkia Ghias Salsabila F1B012054 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 15 October 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 Bab III Tazkia Ghias Salsabila F1B012054 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 15 October 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 Bab IV Tazkia Ghias Salsabila F1B012054 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 Bab V Tazkia Ghias Salsabila F1B012054 - 2016.pdf Download (990kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 Daftar Pustaka Tazkia Ghias Salsabila F1B012054 - 2016.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10 Lampiran Tazkia Ghias Salsabila F1B012054 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam rangka mempercepat serta mendukung akurasi terbangunnya database kependudukan di kabupaten/kota, provinsi maupun database kependudukan secara nasional, pemerintah menerapkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP- el) mulai tahun 2011.Perubahan KTP non elektronik menjadi KTP-el ini, wewenang pencetakan KTP-el dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri. Namun sejak tahun 2014, wewenang pencetakan KTP-el diserahkan ke daerah tingkat Kabupaten/Kota guna efektivitas pelayanan kependudukan di daerah. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai instansi pelaksana, guna memberikan kepuasan kepada masyarakat dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan KTP-el dan kendala apa saja dalam pelayananKTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan accidental sampling dan untuk analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian diketahui bahwadariaspek tangiblesbelum memadai hal ini terlihat pada ruang tunggu belum mampu memberikan kenyamanan, karenajumlah kursi yang terbatas serta sarana kerja terbatas yang menghambat proses pelayanan. Aspek reliabilitypegawai sudah mampu menerbitkan KTP-el sesuai dengan waktu yang dijanjikan, namun pada sub aspek kecepatan masih kurang karena terbatasnya sarana kerja. Aspek daya tanggap setiap keluhan direspon dengan baik oleh pegawai dan sudah tersedianya kotak saran. Aspek assurance pegawai dalam memberikan pelayanan sudah cukup meyakinan dengan pegawai mengikuti berbagai diklat dan bimtek guna meningkatkan kualitas pegawai, selain itu terlihat dari tindakan pegawai dengan bersikap ramah, sopan, dan satun. Aspek empathypegawai memberikan perhatian kepada masyarakat dan memberikan pelayanan dengan adil.Kendala dalam memberikan pelayanan KTP-el adalah, pertama gangguan non teknis seperti adanya pemadaman listrik. Kedua, terbatasnya blangko untuk mencetak KTP-el karena pegadaannya merupakan wewenang pemerintah pusat. Dan ketiga terbatasnya alat pencetakan KTP-el.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F16245 |
| Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan KTP-el, tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy |
| Subjects: | C > C432 Civil service |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
| Depositing User: | Mrs Lati Larasati UPA Perpustakaan Unsoed |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 03:35 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 05:05 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
