Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Kopi pada Kedai Kopi di Purwokerto

LESTARI, Fitri (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Kopi pada Kedai Kopi di Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-FITRI LESTARI-A1A015021-SKRIPSI-2019.pdf.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-FITRI LESTARI-A1A015021-SKRIPSI-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-FITRI LESTARI-A1A015021-SKRIPSI-2019.pdf.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-FITRI LESTARI-A1A015021-SKRIPSI-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-FITRI LESTARI-A1A015021-SKRIPSI-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-FITRI LESTARI-A1A015021-SKRIPSI-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-FITRI LESTARI-A1A015021-SKRIPSI-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-FITRI LESTARI-A1A015021-SKRIPSI-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-FITRI LESTARI-A1A015021-SKRIPSI-2019.pdf.pdf

Download (267kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-FITRI LESTARI-A1A015021-SKRIPSI-2019.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

Banyaknya kedai kopi yang berada di kota Purwokerto menyebabkan persaingan yang ketat antar kedai kopi. untuk memenangkan dalam persaingan yang ketat tersebut maka dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat oleh pengelola kedai. Pengelola kedai kopi dituntut harus mengetahui karakteristik konsumen dan apa saja yang menjadi kebutuhan, keinginan, serta selera rata-rata penikmat kopi konsumen kopi di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi karakteristik konsumen kedai kopi di purwokerto, 2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian kopi pada kedai kopi di Purwokerto, dan 3) mengetahui cita rasa kopi yang seperti apa yang paling diinginkan oleh konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Tempat penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu Singgah Coffee & Book (Purwokerto Utara), Badrei Coffee (Purwokerto Selatan), Society Coffee House (Purwokerto Timur), dan Rumah Kopi Pemuda (Purwokerto Barat). Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2019. Sasaran penelitian ini ditujukan untuk konsumen yang sudah pernah dan sedang mengkonsumsi kopi pada empat kedai kopi diatas. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non probability sampling, dimana setiap anggota populasi tidak mempunyai peluang atau kemungkinan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Teknik non probability sampling yang dipilih yaitu dengan purposive sampling yaitu sampel diambil berdasarkan pada pertimbangan tertentu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dengan konsumen menggunakan kuesioner dan data sekunder diperoleh dengan mencatat literatur dan dokumen lainnya yang berhubungan dengan topik penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan karakteristik konsumen yang didominasi oleh laki-laki dengan rentang usia 17 hingga 24 tahun berprofesi sebagai pelajar atau mahasiswa dan belum menikah serta memiliki pendapatan rata-rata per bulan atau uang saku dibawah Rp500.000 dengan latar belakang pendidikan terakhir yang ditempuh adalah SMA. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian kopi pada kedai kopi di Purwokerto adalah faktor penyajian dan promosi, faktor individu, faktor pelayanan, fasilitas, dan tempat, faktor kualitas kopi, faktor sosial, faktor psikologis, faktor budaya, faktor informasi kedai kopi, dan faktor keputusan pembelian. Cita rasa yang diinginkan konsumen ialah aroma buah dengan tingkat keasaman medium dan kekentalan yang ringan sehingga dapat menikmati kopi dengan nikmat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A19374
Uncontrolled Keywords: Keputusan,Konsumen,Pembelian Kopi
Subjects: C > C793 Consumers
D > D63 Decision making
P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:43
Last Modified: 26 Aug 2020 02:43
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5034

Actions (login required)

View Item View Item