Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Sistem Antrian Pelayanan Nasabah dan Optimalisasi Layanan Teller Menggunakan Model Multi ChannelSingle Phase (Studi pada Bank X di Kabupaten Kuningan)

HANDAYANI, Ayu Pramesti (2018) Analisis Sistem Antrian Pelayanan Nasabah dan Optimalisasi Layanan Teller Menggunakan Model Multi ChannelSingle Phase (Studi pada Bank X di Kabupaten Kuningan). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-Ayu Pramesti Handayani-C1B014102-Skripsi-2018.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Ayu Pramesti Handayani-C1B014102-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Ayu Pramesti Handayani-C1B014102-Skripsi-2018.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB-I-Ayu Pramesti Handayani-C1B014102-Skripsi-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB-II-Ayu Pramesti Handayani-C1B014102-Skripsi-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB-III-Ayu Pramesti Handayani-C1B014102-Skripsi-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB-IV-Ayu Pramesti Handayani-C1B014102-Skripsi-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB-V-Ayu Pramesti Handayani-C1B014102-Skripsi-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Ayu Pramesti Handayani-C1B014102-Skripsi-FEB-2018.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Ayu Pramesti Handayani-C1B014102-Skripsi-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)

Abstract

Antri merupakan kegiatan menunggu giliran untuk dilayani. Kegiatan antri timbul karena jumlah fasilitas pelayanan jasa lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah orang yang memerlukan pelayanan yang bersangkutan. Dalam suatu antrian, fenomena menunggu merupakan akibat dari kedatangan pelanggan dan waktu pelayanan yang tidak seimbang. Penggunaan model antrian dapat membantu pihak manajemen dalam menentukan jumlah teller yang optimal pada sistem pelayanan nasabah, khususnya pada Bank X di Kabupaten KuninganJawa Barat agar masalah antrian dapat dikurangi sehingga dapat memberikan kinerja yang optimal dalam pelayanan. Dalam penelitian ini digunakan analisis sistem antrian jalur berganda (M/M/S). Proses perhitungan data menggunakan cara manual dan aplikasi POM QM for Windows Versi 3.1 dengan modul Waiting Lines. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sistem pelayanan teller sudah cukup optimal karena jumlah ratarata nasabah yang menunggu dalam sistem (Ls) ada 0,8502 orang (satu orang nasabah) dan ratarata waktu pelayanan per nasabah ( ) yaitu 1 menit 45 detik. Hasil tersebut telah sesuai dengan standar waktu yang ditentukan oleh pihak Bank X yaitu antara 12 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18411
Subjects: C > C1020 Customer services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:57
Last Modified: 01 Sep 2020 03:57
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5235

Actions (login required)

View Item View Item