Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Dimensi Fisik dan Dimensi Sosial Terhadap Emosi Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen dan Membangun Minat Berkunjung Kembali (Studi Pada Pelanggan Waroeng Ora Umum Purwokerto)

PUTRA, Bagus Prawira (2018) Pengaruh Dimensi Fisik dan Dimensi Sosial Terhadap Emosi Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen dan Membangun Minat Berkunjung Kembali (Studi Pada Pelanggan Waroeng Ora Umum Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-BAGUS PRAWIRA PUTRA-C1B013110-SKRIPSI-2018.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-BAGUS PRAWIRA PUTRA-C1B013110-SKRIPSI-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-BAGUS PRAWIRA PUTRA-C1B013110-SKRIPSI-2018.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-BAGUS PRAWIRA PUTRA-C1B013110-SKRIPSI-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-BAGUS PRAWIRA PUTRA-C1B013110-SKRIPSI-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-BAGUS PRAWIRA PUTRA-C1B013110-SKRIPSI-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-BAGUS PRAWIRA PUTRA-C1B013110-SKRIPSI-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-BAGUS PRAWIRA PUTRA-C1B013110-SKRIPSI-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-BAGUS PRAWIRA PUTRA-C1B013110-SKRIPSI-FEB-2018.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-BAGUS PRAWIRA PUTRA-C1B013110-SKRIPSI-FEB-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Dimensi Fisik Dan Dimensi Sosial terhadap Emosi Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Membangun Minat Berkunjung Kembali (Studi Pada Pelanggan Waroeng Ora Umum Purwokerto). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi hubungan kausalitas antara dimensi fisik dan dimensi sosial terhadap emosi konsumen; emosi konsumen terhadap kepuasan konsumen; dan kepuasan konsumen terhadap minat berkunjung kembali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Waroeng Ora Umum Purwokerto. Penentuan ukuran sampel menggunakan metode interval taksiran. Metode pengambilan sampel menggunakan metode teknik convenience sampling. Penelitian ini dilakukan terhadap 135 responden. Alat analisis menggunakan Structural Equational Modeling. Hasil penelitian menunjukkan dimensi fisik dan dimensi sosial berpengaruh positif terhadap emosi konsumen; emosi konsumen berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen; kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap minat berkunjung kembali. Implikasi penelitian ini yaitu sebagai penelitian empiris, hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh Waroeng Ora Umum sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka dengan meningkatkan dimensi fisik, dimensi sosial, emosi konsumen, serta kepuasan konsumen, supaya konsumen ingin berkunjung kembali ke Waroeng Ora Umum. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan sikap konsumen, antara lain: a) Semakin meningkatkan dimensi fisik, dengan terus merubah desain dan layout ruangan. Waroeng Ora Umum bisa memilih tema spesifik untuk desain ruangan seperti tema summer, flower, dan lain-lain. Kemudian Waroeng Ora Umum juga dapat menambah spot foto yang instagramable yang dapat dimanfaatkan konsuemn untuk berswafoto; b) Semakin meningkatkan dimensi sosial, dengan cara mengevaluasi dan terus mengingatkan karyawan supaya memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Memberikan kesempatan bagi konsumen untuk melaporkan karyawan yang berperilaku kurang baik terhadap konsumen dengan menyediakan kotak kritik dan saran; c) Menciptakan suasana yang bisa meningkatkan rasa senang atau emosi positif pelanggan seperti menambah fasilitas-fasilitas permainan yang belum ada seperti board game, pingpong, dan lain-lain; d) Berupaya meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik dan totalitas bagi pelanggan Waroeng Ora Umum. Upaya yang bisa dilakukan misalnya dengan melakukan promosi dengan memberikan diskon atau vouncher makan bagi pelanggan yang mengunjungi Waroeng Ora Umum lebih dari 10 kali. Selain itu Waroeng Ora Umum bisa memberikan kemudahan bagi pelanggan yang tidak ingin datang secara langsung ke Waroeng Ora Umum namun ingin membeli menu bisa difasilitasi dengan delivery order atau bekerjasama dengan jasa Go Food.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18415
Uncontrolled Keywords: Diminesi fisik, dimensi sosial, emosi konsumen, kepuasan konsumen, minat berkunjung kembali
Subjects: C > C793 Consumers
J > J56 Job satisfaction
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:30
Last Modified: 01 Sep 2020 04:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5239

Actions (login required)

View Item View Item