AZMI, Roslia Nur (2018) Pengaruh Konsep diri, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar, Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. Cover-ROSLIA NUR AZMI-C1M014044-SKRIPSI-2018.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (865kB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-ROSLIA NUR AZMI-C1M014044-SKRIPSI-2018.pdf Download (10kB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB I-ROSLIA NUR AZMI-C1M014044-SKRIPSI-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB II-ROSLIA NUR AZMI-C1M014044-SKRIPSI-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB III-ROSLIA NUR AZMI-C1M014044-SKRIPSI-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB IV-ROSLIA NUR AZMI-C1M014044-SKRIPSI-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB V-ROSLIA NUR AZMI-C1M014044-SKRIPSI-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-ROSLIA NUR AZMI-C1M014044-SKRIPSI-2018.pdf Download (169kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran -ROSLIA NUR AZMI-C1M014044-SKRIPSI-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui variabel penelitian konsep diri, disiplin belajar, motivasi ekstrinsik belajar dan motivasi intrinsik belajar. Populasi dalam penelitian adalah 627 siswa menggunakan pengujian dengan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa: (1) konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (2) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (3) motivasi ekstrinsik belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (4) motivasi intrinsik belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai upaya untuk terus meningkatkan prestasi belajar dengan pengembangan konsep diri yang baik, sehingga akan menciptakan motivasi belajar dan disiplin belajar, dengan demikian siswa akan merasa mampu untuk mencapai prestasi belajar yang diharapkan. Cara yang dapat dilakukan mendukung prestasi belajar yang baik dengan mengembangkan konsep diri yang positif pada siswa. Pengembangan konsep diri dilakukan dan didukung oleh para guru, dukungan ini dapat ditunjukkan dalam dukungan emosional, dukungan penghargaan dan dorongan untuk maju, mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan yang realistis, memberikan dorongan kepada siswa agar bangga dengan dirinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C18431 |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar siswa, konsep diri, disiplin belajar, motivasi ekstrinsik belajar dan motivasi intrinsik belajar. |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 03:22 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 03:22 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8013 |
Actions (login required)
View Item |