YUNUS, Muhammad Rifqi Setiawan (2022) Hubungan Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Tingkat Depresi pada Mahasiswa Angkatan 2019 Jurusan Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-MUHAMMAD RIFQI SETIAWAN YUNUS-G1A018030-SKRIPSI-2022.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-MUHAMMAD RIFQI SETIAWAN YUNUS-G1A018030-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-MUHAMMAD RIFQI SETIAWAN YUNUS-G1A018030-SKRIPSI-2022.pdf Download (53kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-MUHAMMAD RIFQI SETIAWAN YUNUS-G1A018030-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 7 July 2023. Download (145kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-MUHAMMAD RIFQI SETIAWAN YUNUS-G1A018030-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 7 July 2023. Download (307kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-MUHAMMAD RIFQI SETIAWAN YUNUS-G1A018030-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 7 July 2023. Download (216kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-MUHAMMAD RIFQI SETIAWAN YUNUS-G1A018030-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-MUHAMMAD RIFQI SETIAWAN YUNUS-G1A018030-SKRIPSI-2022.pdf Download (57kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-MUHAMMAD RIFQI SETIAWAN YUNUS-G1A018030-SKRIPSI-2022.pdf Download (247kB) |
|
PDF (Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN-MUHAMMAD RIFQI SETIAWAN YUNUS-G1A018030-SKRIPSI-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
Abstract
Latar Belakang: Pembelajaran daring adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan koneksi internet yang terhubung antara jaringan komputer satu dengan lainnya. Pembelajaran daring yang dilakukan saat ini tentunya dipengaruhi oleh situasi Pandemi COVID-19 yang menyebabkan perubahan metode dalam proses pembelajaran. Pembelajaran daring yang tidak efektif bagi mahasiswa dapat menyebabkan rasa jenuh dan bosan serta masalah psikologis seperti depresi. Tujuan: untuk mengetahui hubungan efektivitas pembelajaran daring dengan tingkat depresi pada Mahasiswa Angkatan 2019 Jurusan Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain studi cross-sectional. Metode: Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan memperhatikan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square test. Hasil: Didapatkan distribusi tingkat depresi pada mahasiswa sebanyak 76,7% tidak mengalami depresi dan 23,3% mengalami depresi. Distribusi persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran daring menunjukan 54 responden menyatakan bahwa pembelajaran daring tidak efektif. Hasil uji Chi-Square hubungan efektivitas pembelajaran daring dengan tingkat depresi mahasiswa menunjukan nilai p =0,613. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara efektivitas pembelajaran daring dengan tingkat depresi pada Mahasiswa Angkatan 2019 Jurusan Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G22119 |
Uncontrolled Keywords: | efektivitas pembelajaran daring, mahasiswa kedokteran, tingkat depresi |
Subjects: | C > C716 Concept learning D > D101 Depression |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mr Muhammad Rifqi Setiawan Yunus |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 00:58 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 00:58 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16525 |
Actions (login required)
View Item |