KARIMAH, Ismiatul (2022) Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Pemberian Reward, dan Kecerdasan Emosional terhadap Keaktifan Belajar Ekonomi Siswa di MAN 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Ismiatul Karimah-C1L018043-Skripsi-2022.pdf Download (216kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ismiatul Karimah-C1L018043-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ismiatul Karimah-C1L018043-Skripsi-2022.pdf Download (232kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Ismiatul Karimah-C1L018043-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 31 August 2023. Download (514kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Ismiatul Karimah-C1L018043-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 31 August 2023. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Ismiatul Karimah-C1L018043-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 31 August 2023. Download (730kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Ismiatul Karimah-C1L018043-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Ismiatul Karimah-C1L018043-Skripsi-2022.pdf Download (260kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ismiatul Karimah-C1L018043-Skripsi-2022.pdf Download (315kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ismiatul Karimah-C1L018043-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari gaya mengajar guru, pemberian reward, dan kecerdasan emosional terhadap keaktifan belajar ekonomi siswa di MAN 1 Banyumas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi penelitian berjumlah 217 siswa dari kelas XI yang terdapat mata pelajaran ekonomi. Sampel yang digunakan sebanyak 141 siswa dengan teknik pengambilan sampel yakni simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa : (1) Gaya mengajar guru berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar, (2) pemberian reward berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar, (3) kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar. Adapun implikasi dari kesimpulan di atas yakni : (1) Sekolah dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui kegiatan workshop maupun seminar mengenai penerapan gaya mengajar yang baik dengan penggunaan variasi gaya mengajar yang tepat dan disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan di kelas, (2) Guru dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan cara memberikan reward secara maksimal baik reward dalam bentuk verbal maupun non verbal, (3) Siswa dapat meningkatkan keaktifan belajar dengan cara mengasah kemampuan soft skill melalui kegiatan yang disediakan sekolah seperti kegiatan ekstrakurikuler maupun pengajian yang dapat membentuk kepribadian siswa yang cakap, terampil dan beretika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C22396 |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Mengajar Guru, Pemberian Reward, Kecerdasan Emosional, Keaktifan Belajar |
Subjects: | A > A484 Art Study and teaching T > T53 Teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Ismiatul Karimah |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 06:48 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 06:48 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17967 |
Actions (login required)
View Item |