WARDANI, Nevita Arda (2022) Pengaruh Minat Menjadi Guru, Pembelajaran Microteaching dan Konsep Diri terhadap Kepercayaan Diri Berkarir Sebagai Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nevita Arda Wardani-C1L018045-Skripsi-2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nevita Arda Wardani-C1L018045-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nevita Arda Wardani-C1L018045-Skripsi-2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nevita Arda Wardani-C1L018045-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 1 November 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nevita Arda Wardani-C1L018045-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 1 November 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nevita Arda Wardani-C1L018045-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 1 November 2023. Download (4MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nevita Arda Wardani-C1L018045-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nevita Arda Wardani-C1L018045-Skripsi-2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nevita Arda Wardani-C1L018045-Skripsi-2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nevita Arda Wardani-C1L018045-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini mengambil judul Pengaruh Minat Menjadi Guru, Pembelajaran Microteaching Dan Konsep Diri Terhadap Kepercayaan Diri Berkarir Sebagai Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unsoed. Fenomena yang terjadi dilapangan yaitu kurangnya kepercayaan diri mahasiswa pendidikan Ekonomi untuk berkarir sebagai guru sebagaimana mestinya lulusan program studi pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari minat menjadi guru, pembelajaran microteaching dan konsep diri terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unsoed. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kepada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unsoed. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner. Populasi yang digunakan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang sudah menempuh mata kuliah microteaching dan belum wisuda per September 2022. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan jumlah sampel yang diambil sebesar 91 Responden. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh minat menjadi guru terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru mahasiswa; kedua, tidak terdapat pengaruh pembelajaran microteaching terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru mahasiswa; ketiga, terdapat pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru mahasiswa; keempat, minat menjadi guru, pembelajaran microteaching dan konsep diri secara simultan berpengaruh terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru mahasiswa. Implikasi dari hasil peneltian di atas yaitu: Para Dosen diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa melalui praktik microteaching karena minat untuk menjadi guru sudah ada. Program Studi diharapkan terus melaksanakan pembelajaran microteaching secara langsung dalam kondisi apapun agar kepercayaan diri mahasiswa dapat meningkat. Mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri untuk berkarir menjadi guru dengan menempuh praktik microteaching, mengikuti program magang, mencari tahu informasi terkait karir guru dan memperbanyak latihan mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C22453 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Pembelajaran Microteaching, Konsep Diri, Kepercayaan Diri Berkarir Sebagai Guru |
Subjects: | C > C716 Concept learning T > T45 Teacher exchange |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Nevita Arda Wardani |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 05:04 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 05:04 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18439 |
Actions (login required)
View Item |