NURAZZAM, Muhammad Syaifan (2022) Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMK Negeri 4 Kota Tangerang Selatan). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Muhammad Syaifan Nurazzam-F1A015019-Skripsi-2022.pdf Download (489kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Syaifan Nurazzam-F1A015019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Syaifan Nurazzam-F1A015019-Skripsi-2022.pdf Download (561kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Syaifan Nurazzam-F1A015019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 10 November 2023. Download (475kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Syaifan Nurazzam-F1A015019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 10 November 2023. Download (606kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Syaifan Nurazzam-F1A015019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 10 November 2023. Download (723kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Syaifan Nurazzam-F1A015019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Syaifan Nurazzam-F1A015019-Skripsi-2022.pdf Download (319kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Syaifan Nurazzam-F1A015019-Skripsi-2022.pdf Download (464kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Syaifan Nurazzam-F1A015019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran daring merupakan kebijakan yang berlaku secara nasional saat masa pedemi, karenanya guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Pembelajaran daring memerlukan kesiapan guru dan siswa, mengingat perubahan sistem belajar konvensional ke sistem daring memerlukan adaptasi karena sesuatu yang baru. Berdasarkan kondisi tersebut, maka rumusan masalah yang diangat dalam penelitian yaitu bagaimana pengaruh dukungan sosial terhadap efektivitas pembelajaran daring di SMK N 4 Kota Tanggerang Selatan?. Karena itulah penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap efektivitas pembelajaran daring di SMK N 4 Kota Tanggerang Selatan. Landasan teori yang digunakan yaitu perilaku sosial yang berkembang melalui interaksi individu bersama orang lain di lingkungan sekitar. Untuk kajian pustaka difokuskan mengenai efektivitas metode pembelajaran daring dan dukungan sosial. Sasaran utama dalam penelitian ini adalah siswa pada semua tingkatan yaitu kelas X, XI dan XII dengan sampel 267 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analsisi tau kendalal dan regresi ordinal. Hasil penelitian diketahui bahwa dukungan sosial (dukungan emosional, instrumental, informatif dan persahabatan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas pembelajaran daring di SMK N 4 Kota Tanggerang Selatan. Bila diinterpretasikan maka pengaruh antaar dukungan sosial terhadap efektivitas pembelajaran daring adalah positif, hal ini menunjukkan bahwa dukungan sosial mempunyai arti penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran daring. Upaya mengefektifkan pembelajaran daring salah satunya dapat dilakukan dengan memperhatikan waktu pembelajaran daring itu sendiri. Karena itulah diperlukan perbaikan koordinasi antara siswa dan guru sekolah sehubungan dengan waktu pembelajaran, yaitu mengenai jam belajar yang disesuaikan dengan jam pelajaran sewaktu di sekolah, sehingga jadwal pembelajaran tidak ada perubahan, hanya lokasinya saja yang disesuaikan pada lingkungan masing-masing siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22360 |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran Daring, Dukungan Sosial |
Subjects: | C > C716 Concept learning S > S469 Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mr Muhammad Syaifan Nurazzam |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 03:02 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 03:02 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18526 |
Actions (login required)
View Item |