SAFITRI, Bella (2022) Analisis Kelayakan Isi, Bahasa, dan Aspek Berpikir Kritis pada Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Bella Safitri-J1D018036-Skripsi-2022.pdf Download (171kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Bella Safitri-J1D018036-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Bella Safitri-J1D018036-Skripsi-2022.pdf Download (144kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Bella Safitri-J1D018036-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2023. Download (203kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Bella Safitri_J1D018036-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2023. Download (307kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Bella Safitri-J1D018036-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2023. Download (175kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Bella Safitri-J1D018036-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Bella Safitri-J1D018036-Skripsi-2022.pdf Download (608kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Bella Safitri-J1D018036-Skripsi-2022.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Bella Safitri-J1D018036-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
Abstract
SMA kelas 12 saat ini dihadapkan pada problematika tidak bisa mengikuti ujian nasional. Mereka dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis terutama dalam menghadapi penerimaan mahasiswa baru. Buku teks perlu untuk dikaji guna mempersiapkan kelulusan dan melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Sumber belajar juga perlu untuk memperhatikan isi dan bahasa yang digunakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan isi, bahasa, dan aspek berpikir kritis pada buku teks bahasa Indonesia untuk SMA-MA Kelas XII terbitan Yrama Widya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik content analysis. Kegiatan analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi teori untuk memperkuat hasil penelitian dan membandingkan hasil dengan perspektif teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan isi pada buku bahasa Indonesia untuk SMA-MA kelas XII memperoleh kategori Baik Sekali (BS) dengan skor rata-rata 9,77. Kelayakan bahasa memperoleh skor rata-rata 9,86 dengan kategori Baik Sekali (BS). Pemerolehan skor rata-rata pada aspek berpikir kritis adalah 9,54 dengan kategori Baik Sekali (BS). Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa buku bahasa Indonesia untuk SMA-MA kelas XII sudah layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J22235 |
Uncontrolled Keywords: | kelayakan isi, kelayakan bahasa, berpikir kritis, buku teks. |
Subjects: | B > B278 Book reviews E > E75 Educational evaluation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Bella Safitri |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 01:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 01:34 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18757 |
Actions (login required)
View Item |