Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perbedaan Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Peer Teaching dikombinasikan dengan Kooperatif Jigsaw dan Media Pembelajaran Blendspace terhadap Hasil Belajar Kognitif

AISAH, Nur (2023) Perbedaan Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Peer Teaching dikombinasikan dengan Kooperatif Jigsaw dan Media Pembelajaran Blendspace terhadap Hasil Belajar Kognitif. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
3. COVER_NUR AISAH-C1L018032-2023.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Legalitas)
4. LEGALITAS_NUR AISAH-C1L018032-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Abstrak)
1. ABSTARAK_NUR AISAH-C1L018032-2023.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (BabI)
5. BAB I-NUR AISAH-C1L018032-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2024.

Download (4MB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB II-NUR AISAH-C1L018032-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2024.

Download (4MB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB III-NUR AISAH-C1L018032-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2024.

Download (4MB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB IV-NUR AISAH-C1L018032-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
9, BAB V-NUR AISAH-C1L018032-2023.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA-NUR AISAH-C1L018032-2023.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN_NUR AISAH-C1L018032-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas dengan metode pembelajaran peer teaching dikombinasikan pembelajaran kooperatif Jigsaw II dan kelas yang menggunakan metode ceramah; perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media Blendspace dan media PowerPoint; dan perbedaan hasil belajar kognitif kelas yang menggunakan metode pembelajaran peer teaching dikombinasikan pembelajaran kooperatif Jigsaw II dan media pembelajaran Blendspace dengan hasil belajar kognitif kelas yang menggunakan metode pembelajaran ceramah dan media pembelajaran PowerPoint. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Baturraden tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas dengan metode pembelajaran peer teaching dikombinasikan pembelajaran kooperatif Jigsaw II dan kelas yang menggunakan metode ceramah, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media Blendspace dan media PowerPoint, (3) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif kelas yang menggunakan metode pembelajaran peer teaching dikombinasikan pembelajaran kooperatif Jigsaw II dan media pembelajaran Blendspace dengan hasil belajar kognitif kelas yang menggunakan metode pembelajaran ceramah dan media pembelajaran PowerPoint. Penggunaan metode pembelajaran peer teaching dikombinasikan dengan kooperatif Jigsaw dan media pembelajaran Blendspace lebih efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dibanding metode pembelajaran ceramah dan media PowerPoint. Nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibanding nilai post-test kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen rata-ratanya adalah sebesar 68,48, sedangkan hasil belajar kelas kontrol rata-ratanya adalah sebesar 52,57. Implikasi dari kesimpulan diatas adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, pendidik sebaiknya memperhatikan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar terutama dari faktor metode pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan metode dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Selain itu, sekolah juga dapat melakukan pelatihan bagi para pendidik terkait pemilihan metode pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23098
Uncontrolled Keywords: Peer Teaching, Pembelajaran Kooperatif Jigsaw II, Blendspace
Subjects: C > C716 Concept learning
E > E49 Economics
T > T53 Teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs AISAH Nur
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:10
Last Modified: 20 Feb 2023 02:10
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20208

Actions (login required)

View Item View Item