PERWITASARI, Lintang (2023) Strategi Peningkatan Kepuasan Konsumen Produk Gula Semut Koperasi Semedo Manise Sejahtera Melalui E-Marketplace. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Lintang Perwitasari-P2D018006-TESIS-2023.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Lintang Perwitasari-P2D018006-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Lintang Perwitasari-P2D018006-TESIS-2023.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Lintang Perwitasari-P2D018006-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 May 2024. Download (3MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Lintang Perwitasari-P2D018006-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 May 2024. Download (3MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Lintang Perwitasari-P2D018006-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 May 2024. Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Lintang Perwitasari-P2D018006-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Lintang Perwitasari-P2D018006-TESIS-2023.pdf Download (3MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Lintang Perwitasari-P2D018006-TESIS-2023.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Lintang Perwitasari-P2D018006-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Ketatnya persaingan dalam marketplace dan konsumen yang semakin selektif dalam melihat suatu produk menyebabkan marketplace untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas produk marketplace mereka. Hal ini merupakan permasalahan yang harus diperhatikan oleh pihak perusahaan ataupun UMKM untuk menjaga keberlangsungan usahanya dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dalam marketplace, menganalisis tingkat kepuasan konsumen gula semut Koperasi Semedo Manise Sejahtera pada e-marketplace, menganalisis kinerja atribut kepuasan konsumen gula semut Koperasi Semedo Manise Sejahtera yang penting untuk ditingkatkan dan diperbaiki agar sesuai dengan keinginan konsumen, serta mendeskripsikan strategi untuk peningkatan kepuasan konsumen gula semut melalui pemasaran e-marketplace. Metode yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui strategi yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan menyebarkan google form kepada para pelanggan yang berbelanja secara online. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa 57 persen berjenis kelamin perempuan, 31 persen berumur antara 26-35 tahun, 49 persen sebagai ASN, tingkat pendidikan 60 persen adalah sarjana dan sebanyak 46 persen dengan pendapatan 1 sampai dengan 3 juta rupiah perbulan. Berdasarkan hasil analisis CSI Tingkat kepuasan konsumen gula semut Koperasi Semedo Manise Sejahtera pada e-marketplace sebesar 62,25 persen yang artinya masuk dalam kategori puas, hasil analisis CSI juga menunjukan bahwa masih terdapat kepentingan atau harapan pelanggan yang belum dapat terpenuhi oleh pihak koperasi. Adapun hal-hal yang perlu dilakukan perbaikan yaitu faktor-faktor yang terdapat pada kuadran A yang memiliki tingkat Kepentingan tinggi dan dengan tingkat kinerja yang masih rendah, sedangkan strategi usulan yang diberikan memfasilitasi kemudahan konsumen dalam memperoleh produk selama 24 jam, memperbaiki kualitas produk disesuaikan dengan tren yang sedang berkembang saat ini, meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan dengan peningkatan jaringan komunikasi, dan menjaga cita rasa produk semedo manise dipadupadankan dengan inovasi-inovasi baru dan dengan tetap menjaga kearifan lokal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P223124 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Konsumen, Produk, Marketplace |
Subjects: | C > C793 Consumers I > I260 Internet marketing |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs. PERWITASARI Lintang |
Date Deposited: | 24 May 2023 03:18 |
Last Modified: | 24 May 2023 03:18 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21438 |
Actions (login required)
View Item |