Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

The Implementation Of Youtube – Based English Children Songs To Improve The Students’ Vocabulary (A Pre-Experimental Study at Grade IV of Annida Islamic Elementary School in the Academic Year of 2022/2023)

FEBRIANA, Annisa Roro Kinanti (2023) The Implementation Of Youtube – Based English Children Songs To Improve The Students’ Vocabulary (A Pre-Experimental Study at Grade IV of Annida Islamic Elementary School in the Academic Year of 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (COVER)
COVER-Annisa Roro Kinanti Febriana-J1E018035-Skripsi-2023.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (LEGALITAS)
LEGALITAS-Annisa Roro Kinanti Febriana-J1E018035-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Annisa Roro Kinanti Febriana-J1E018035-Skripsi-2023.pdf (1).pdf

Download (176kB)
[img] PDF (BAB1)
BAB-I-Annisa Roro Kinanti Febriana-J1E018035-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 August 2024.

Download (415kB)
[img] PDF (BABII)
BAB-II-Annisa Roro Kinanti Febriana-J1E018035-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 August 2024.

Download (892kB)
[img] PDF (BABIII)
BAB-III-Annisa Roro Kinanti Febriana-J1E018035-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 August 2024.

Download (837kB)
[img] PDF (BABIV)
BAB-IV-Annisa Roro Kinanti Febriana-J1E018035-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] PDF (BABV)
BAB-V-Annisa Roro Kinanti Febriana-J1E018035-Skripsi-2023.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (DAFTARPUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Annisa Roro KinantiI Febriana-J1E018035-SKRIPSI-2023.pdf

Download (580kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Annisa Roro Kinanti Febriana-J1E018035-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

The Implementation Of YouTube-based English Children’s Songs To Improve The Students’ Vocabulary at Annida Islamic Elementary School Sokaraja. Skripsi. Pembimbing 1: Mustasyfa Thabib Kariadi, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing 2: Weksa Fradita Asriyama S.Pd.,M.Pd., Penguji Slamet Riyadi S.S.,M.Pd., Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Universitas Jenderal Soedirman, Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Pendidikan Bahasa, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Purwokerto. Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk meningkatkan kosakata siswa dengan menggunakan implementasi YouTube berdasarkan lagu bahasa inggris anak. Peneliti dalam melaksanakan penelitian ini menggunakan desain pre-experimental metode kuantitatif dengan jumlah 27 sampel siswa SDIT Annida Sokaraja. Peneliti menggunakan instrument pre-test dan post-test yang terdiri dari 30 soal berdasarkan lagu bahasa inggris yang ada di YouTube. Peneliti menunjukkan hasil data penelitian bahwa keterampilan kosakata siswa setelah menggunakan implementasi YouTube berdasarkan lagu bahasa inggris anak dapat meningkat hingga 13.4 % dari skor rata-rata pre-test 52.93 menjadi skor rata-rata post-test 81.30. Selanjutnya, peneliti menunjukkan hasil nilai signifikansi adalah 0.002 < 0.05 artinya keterampilan kosakata siswa menggunakan implementasi YouTube berdasrkan lagu bahasa inggris anak dapat meningkat secara signifikan. Dalam hal tersebut Hipotesis Alternatif diterima dan Hipotesis Null ditolak. Implementasi YouTube-based English children song cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan nilai gain. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa gain score adalah 0.51 dari skor rata-rata pre-test 52.93 dan post-test 81.30 dan termasuk dalam kategori sedang gain score yaitu 0.7 > gain > 0.3. Berdasarkan hasil penelitian diatas, implementasi YouTube berdasarkan lagu bahasa inggris anak dapat meningkatkan keterampilan kosakata siswa di kelas IV SDIT Annida Sokaraja, dan implementasi YouTube berdasarkan lagu bahasa inggris anak cukup efektif untuk keterampilan meningkatkan kosakata bahasa inggris siswa pada kelas IV SDIT Annida Sokaraja. Selanjutnya, peneliti menyarankan agar guru bahasa inggris menggunakan YouTube berdasarkan lagu bahasa inggris anak untuk proses belajar mengajar, terutama dalam keterampilan meningkatkan kosakata bahasa inggris siswa. Peneliti juga menyarankan agar siswa lebih banyak berlatih dalam meningkatkan pemahaman kosakata bahasa inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J23120
Uncontrolled Keywords: YouTube Anak, Lagu Bahasa Inggris, Vocabulary
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
V > V103 Vocabulary
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Annisa Roro Kinanti Febriana
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:22
Last Modified: 11 Aug 2023 08:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22501

Actions (login required)

View Item View Item