RISMAWATI, Eli (2023) Pengaruh Media Evaluasi Pembelajaran Kahoot, Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Intrinsik terhadap Minat Belajar Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-ELI RISMAWATI-C1L019004-SKRIPSI-2023.pdf Download (5MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ELI RISMAWATI -C1L019004-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ELI RISMAWATI -C1L019004-SKRIPSI-2023.pdf Download (6MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-ELI RISMAWATI -C1L019004-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 27 October 2024. Download (6MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-ELI RISMAWATI-C1L019004-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 27 October 2024. Download (6MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-ELI RISMAWATI-C1L019004-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 27 October 2024. Download (6MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-ELI RISMAWATI -C1L019004-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-ELI RISMAWATI-C1L019004-SKRIPSI-2023.pdf Download (6MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ELI RISMAWATI -C1L019004-SKRIPSI-2023.pdf Download (6MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ELI RISMAWATI-C1L019004-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan terhadap siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jatilawang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh media evaluasi pembelajaran kahoot, kompetensi pedagogik guru dan motivasi intrinsik terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jatilawang. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023 di SMA Negeri 1 Jatilawang. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jatilawang tahun ajaran 2022/2023 sejumlah 144 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 60 siswa dengan menggunakan Teknik simple random sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F dan uji t. Data kuesioner yang telah diperoleh ditransformasikan menjadi data interval menggunakan Method of Successive Intervals (MSI). Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, media evaluasi pembelajaran kahoot berpengaruh positif terhadap minat belajar ekonomi siswa. Kedua, kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap minat belajar ekonomi siswa. Ketiga, motivasi intrinsik berpengaruh positif terhadap minat belajar ekonomi siswa. Implikasi dari penelitian ini yaitu: guru diharapkan menyediakan dan menguasai media yang digunakan sebagai evaluasi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik agar dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman sehingga dapat menarik minat siswa dalam belajar. Siswa diharapkan dapat memiliki kesadaran dan dorongan untuk mencapai sesuatu sehingga dapat meningkatkan minat untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C23481 |
Uncontrolled Keywords: | Media Evaluasi Pembelajaran Kahoot, Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Intrinsik, Minat Belajar Siswa |
Subjects: | M > M147 Measuring instruments T > T53 Teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Eli Rismawati |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:32 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:32 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23984 |
Actions (login required)
View Item |