Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Tingkat Kepuasan dan Kepentingan Konsumen terhadap Produk Vita Nas Minuman Sari Buah Nanas

SADEWA, R. Devanka Argabrahma (2024) Analisis Tingkat Kepuasan dan Kepentingan Konsumen terhadap Produk Vita Nas Minuman Sari Buah Nanas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-R.Devanka Argabrahma Sadewa-A1F019024-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-R.Devanka Argabrahma Sadewa-A1F019024-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-R.Devanka Argabrahma Sadewa-A1F019024-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-R.Devanka Argabrahma Sadewa-A1F019024-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2025.

Download (99kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-R.Devanka Argabrahma Sadewa-A1F019024-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2025.

Download (101kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-R.Devanka Argabrahma Sadewa-A1F019024-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2025.

Download (287kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-R.Devanka Argabrahma Sadewa-A1F019024-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-R.Devanka Argabrahma Sadewa-A1F019024-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-R.Devanka Argabrahma Sadewa-A1F019024-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-R.Devanka Argabrahma Sadewa-A1F019024-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Pemalang merupakan penghasil buah nanas madu terbesar di Jawa Tengah. Bupati Pemalang Junaidi, SH. H., M. M., menetapkan nanas madu sebagai produk unggulan Kabupaten Pemalang. Dengan jumlah produksi yang melimpah, banyak rumah produksi di Kabupaten Pemalang mengolah nanas madu menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Salah satunya adalah rumah produksi Fan’s Food, yang sudah memiliki merek untuk produknya, yaitu Vita Nas. Produksi Fan’s Food adalah mengolah nanas madu menjadi produk sirup nanas, minuman sari buah nanas dan koktail nanas. Produk yang di teliti penulis adalah produk Vita Nas minuman sari buah nanas dalam kemasan gelas dengan ukuran 180 ml. Pengusaha merasa bahwa usaha yang seharusnya berkembang cenderung stagnan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan, kepentingan dan kesesuaian konsumen, mengetahui indeks kepuasan konsumen dan mengetahui atribut serta strategi yang perlu diperbaiki. Penelitian dilaksanakan selama lima bulan di Kabupaten Pemalang. Metode yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Data primer didapat dari penyebaran kuesioner dengan metode Purposive Sampling kepada 100 orang melalui Google Form dengan kriteria responden berusia minimal 17 tahun dan pernah mengonsumsi Vita Nas minuman sari buah nanas minimal dua kali dalam tiga bulan terakhir. Terdapat tujuh tahap pada penelitian ini, yaitu pengumpulan data dan penyebaran kuesioner, identifikasi profil konsumen, pengujian validasi dan reliabilitas, analisis tingkat kepuasan dan kepentingan serta tingkat kesesuaian, penentuan indeks kepuasan konsumen, penentuan strategi dengan Importance Matrix dan strategi perbaikan produk. Berdasarkan hasil analisis tingkat kepuasan dan kepentingan konsumen terhadap produk Vita Nas minuman sari buah nanas dengan metode IPA, ditemukan bahwa atribut yang perlu diperbaiki adalah kemudahan memperoleh produk dan pemasaran melalui media online, sedangkan pada hasil analisis tingkat kesesuaian yang terendah ditemukan atribut yang diperbaiki adalah rasa manis sari buah dan daya tarik desain label. Berdasarkan metode Customer Satisfaction Index (CSI), produk Vita Nas minuman sari buah nanas memperoleh indeks kepuasan konsumen sebesar 79,09% dengan kriteria puas. Strategi perbaikan untuk atribut kemudahan memperoleh produk antara lain, bermitra dengan warung atau toko selain toko oleh – oleh, memilih distributor yang tepat untuk menyalurkan produk ke berbagai warung atau toko, bermitra dengan warung atau toko yang berada di luar kota dan mencari perantara agen untuk mendistribusikan ke luar kota. Strategi perbaikan atribut pemasaran melalui media online antara lain, mengikuti pelatihan pemanfaatan media online, mengaktifkan kembali media online yang sudah dimiliki, menambahkan promosi di media online lain, membuat postingan gambar atau video produk dengan teks promosi yang informatif dan persuasif, menampilkan testimoni konsumen, memberikan diskon atau hadiah gratis dengan jumlah pembelian tertentu, membranding produk sebagai minuman sehat dan dapat mencegah kanker, membuat jadwal promosi yang rutin serta melakukan promosi silang dengan sesama usaha bisnis online. Strategi perbaikan atribut rasa manis sari buah adalah memperbaiki formula produk dengan mengurangi penggunaan gula sukrosa dan menambah produk baru dengan varian less sugar yang menggunakan gula stevia, sedangkan untuk atribut daya tarik desain label adalah memperbaiki desain dengan melibatkan desainer grafis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A24003
Uncontrolled Keywords: Indeks kepuasan konsumen, Kepentingan, Kepuasan, Perbaikan, Vita Nas
Subjects: C > C1019 Customer relations
C > C793 Consumers
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mr R. Devanka Argabrahma Sadewa
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:00
Last Modified: 01 Mar 2024 01:00
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26281

Actions (login required)

View Item View Item