Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Studi Kasus Kemampuan Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan dalam Teks Cerpen pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 6 Purwokerto

YULIYANI, Annisa (2024) Studi Kasus Kemampuan Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan dalam Teks Cerpen pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 6 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Annisa Yuliyani-J1D019004-Skripsi-2024.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Annisa Yuliyani-J1D019004-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Annisa Yuliyani-J1D019004-Skripsi-2024.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Annisa Yuliyani-J1D019004-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2025.

Download (138kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Annisa Yuliyani-J1D019004-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2025.

Download (254kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Annisa Yuliyani-J1D019004-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2025.

Download (105kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Annisa Yuliyani-J1D019004-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Annisa Yuliyani-J1D019004-Skripsi-2024.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Annisa Yuliyani-J1D019004-Skripsi-2024.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Annisa Yuliyani-J1D019004-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) penilaian, (4) kendala yang dihadapi, dan (5) upaya untuk mengatasi kendala yang ada dalam pembelajaran materi struktur dan aspek kebahasaan teks cerpen kelas IX SMP Negeri 6 Purwokerto berdasarkan penerapan kurikulum 2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena berfokus terhadap analisis studi kasus dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia dari tahap perencanaan hingga tahap evaluasi pada peserta didik tingkat sekolah menengah pertama. Populasi dari penelitian ini adalah kelas IX SMP Negeri 6 Purwokerto dengan sampel yang terpilih yakni kelas IX D. Teknik pengambilan sampel dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data diambil berdasarkan triangulasi teknik, yaitu, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah deskripsi dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) penilaian, (4) kendala yang dihadapi, dan (5) upaya untuk mengatasi kendala yang ada dalam pembelajaran materi struktur dan aspek kebahasaan teks cerpen kelas IX SMP Negeri 6 Purwokerto berdasarkan penerapan K13. Kendala yang dihadapi guru meliputi (a) peserta didik tidak menyelesaikan lembar penilaian tepat waktu, (b) peserta didik kurang mencermati isi teks cerpen, dan (3) sarana dan prasarana sekolah yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran kurang efisien. Kendala yang dihadapi peserta didik yaitu (1) mengantuk, (2) kurangnya pemahaman terhadap materi yang diajarkan, dan (3) kondisi kelas yang panas. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala guru (a) guru berusaha mengkondusifkan peserta didik, (2) peserta didik diminta untuk banyak membaca teks cerpen, (3) menggunakan media pembelajaran seadanya. Upaya yang dapat dilakukan peserta didik meliputi (1) mencuci muka, (2) fokus mendengarkan, dan (3) membawa kipas angin portabel secara mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24102
Uncontrolled Keywords: Struktur, Aspek Kebahasaan, Teks Cerpen, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: C > C716 Concept learning
L > L51 Language and languages
S > S314 Short story
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs. Annisa Yuliyani
Date Deposited: 16 May 2024 08:03
Last Modified: 16 May 2024 08:03
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27037

Actions (login required)

View Item View Item