ARDIPUTRI, Jasmine (2024) Budaya Partisipasi (Participatory Culture) Followers Akun Autobase @berburusales pada Media Sosial X dalam Menyebarkan Informasi Promo. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Jasmine Ardiputri-F1C019079-Skripsi-2024.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Jasmine Ardiputri-F1C019079-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Jasmine Ardiputri-F1C019079-Skripsi-2024.pdf Download (190kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Jasmine Ardiputri-F1C019079-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (297kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Jasmine Ardiputri-F1C019079-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (442kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Jasmine Ardiputri-F1C019079-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (255kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Jasmine Ardiputri-F1C019079-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Jasmine Ardiputri-F1C019079-Skripsi-2024.pdf Download (177kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Jasmine Ardiputri-F1C019079-Skripsi-2024.pdf Download (224kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Jasmine Ardiputri-F1C019079-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai penggunaan akun autobase di media sosial X sebagai bukti perkembangan media teknologi dan informasi. Dengan digunakannya sistem BOT pada akun ini, pengguna media sosial X khususnya followers akun @berburusales dapat ikut menyebarkan informasi yang mereka ketahui mengenai diskon dan promo dengan menggunakan trigger words yang sudah diatur oleh pengelola agar bisa langsung terunggah di akun @berburusales sendiri. Terdapat empat kategori interaksi yang terjadi sehingga melengkapi pengertian teori budaya partisipasi menurut Jenkins, yaitu afiliasi, ekspresi, kolaborasi pemecahan masalah, dan sirkulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya partisipasi dan bentuk pemaknaan yang dilakukan oleh followers akun @berburusales. Budaya partisipasi ini berfokus pada perkembangan teori media dimana pengguna media dianggap sebagai pengambil bagian yang aktif dan kreatif, bukan hanya sebagai konsumen dan audiens pasif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pemilihan informan dalam penelitian kali ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Data yang didapatkan dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kebanyakan followers yang membagikan informasi diskon dan promo melalui akun @berburusales ini menggunakan konsep milik Alle, yaitu information sharing dimana orang-orang melihat hal ini sebagai suatu proses yang bisa mengubah, menambahkan, ataupun menolak informasi yang baru diberikan. Selain itu, ditemukan juga pemaknaan yang dilakukan oleh followers akun @berburusales dimana mereka mengirim menfess berdasarkan tiga model pemaknaan budaya partisipasi, yaitu partisipasi berdasarkan apresiasi, partisipasi berdasarkan eksistensi, dan partisipasi berdasar kesenangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24268 |
Uncontrolled Keywords: | Teori Budaya Partisipasi; Media Sosial X; Pemaknaan; Information Sharing |
Subjects: | I > I133 Information networks I > I260 Internet marketing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs. Jasmine Ardiputri |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 07:41 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 07:41 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28140 |
Actions (login required)
View Item |