HAMZAH, Muhammad Rizky Nur (2024) Based Learning Dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sepak Bola. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Muhammad Rizky Nur Hamzah-I1E020054-Skripsi-2024.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-MUHAMMAD RIZKY NUR HAMZAH-I1E020054-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Rizky Nur Hamzah-I1E020054-Skripsi-2024.pdf Download (46kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Rizky Nur Hamzah-I1E020054-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2025. Download (351kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Rizky Nur Hamzah-I1E020054-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2025. Download (106kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Rizky Nur Hamzah-I1E020054-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2025. Download (236kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Rizky Nur Hamzah-I1E020054-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Rizky Nur Hamzah-I1E020054-Skripsi-2024.pdf Download (46kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Rizky Nur Hamzah-I1E020054-Skripsi-2024.pdf Download (273kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Rizky Nur Hamzah-I1E020054-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan observasi peneliti menemukan suatu permasalahan bahwa nilai hasil belajar PSAT materi sepak bola kelas XI masih rendah, hal tersebut juga dikuatkan dengan melakukan test ulang yang dilakukan peneliti terhadap siswa yang memperoleh hasil rata-rata masih dibawah KKM. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model two groups pre-test post-test design. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dan diperoleh 1 kelas berisi 36 siswa dan dibagi dalam dua kelompok dengan teknik ordinal pairing. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi <0,05 yang dibantu dengan SPSS26 Analisis data menggunakan uji paired sample t-test pada pre test dan post test menunjukan bahwa kelompok project based learning dan kelompok cooperative learning tipe jigsaw memiliki nilai signifikansi 0,017 dan 0,005. Selain itu, , hasil analisis menggunakan uji independent t-test yang didapat dari hasil post test kedua kelompok, menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,040, yang menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam masing-masing kelompok. Berdasarkan hasil penelitian uji paired sample t-test menunjukan bahwa nilai t untuk kelompok project based learning < kelompok cooperative learning tipe jigsaw, model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw lebih memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa materi sepak bola.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I24248 |
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Cooperative Leraning Tipe Jigsaw, Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Sepak Bola. |
Subjects: | C > C716 Concept learning P > P142 Performance S > S769 Students |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr. Muhammad Rizky Nur Hamzah |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 02:14 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 02:14 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28961 |
Actions (login required)
View Item |