Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Media Kokami terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik SMA N 1 Karangreja

WIJAYA, Nadia Fadilla (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Media Kokami terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik SMA N 1 Karangreja. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nadia Fadilla Wijaya-C1L019022-Skripsi-2024.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nadia Fadilla Wijaya-C1L019022-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nadia Fadilla Wijaya-C1L019022-Skripsi-2024.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nadia Fadilla Wijaya-C1L019022-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2025.

Download (191kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nadia Fadilla Wijaya-C1L019022-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2025.

Download (312kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nadia Fadilla Wijaya-C1L019022-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2025.

Download (278kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nadia Fadilla Wijaya-C1L019022-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nadia Fadilla Wijaya-C1L019022-Skripsi-2024.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nadia Fadilla Wijaya-C1L019022-Skripsi-2024.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nadia Fadilla Wijaya-C1L019022-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rumusan masalah diantaranya yaitu: (1) Apakah terdapat perbedaan keaktifan belajar antara peserta didik yang menerapkan model reciprocal teaching dengan media kokami dengan model konvensional?; (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menerapkan model reciprocal teaching dengan media kokami dengan model konvensional?; (3) Apakah terdapat pengaruh positif antara model reciprocal teaching dengan media kokami terhadap keaktifan belajar?; (4) Apakah terdapat pengaruh positif antara model reciprocal teaching dengan media kokami terhadap hasil belajar? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan meggunakan metode eksperimen semu pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Karangreja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dengan media kokami terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar ekonomi peserta didik SMA Negeri 1 Karangreja. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dan soal pilihan ganda. Populasi dalam peneltian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Karangreja tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 9 kelas dan berjumlah 308 Peserta didik. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan jumlah 69 peserta didik dan eknik penentuan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji daya pembeda soal, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan keaktifan belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan media kokami dengan model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan media kokami dengan model pembelajaran konvensional; (3) Model pembelajaran reciprocal teaching dengan media kokami berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar; (4) Model pembelajaran reciprocal teaching dengan media kokami berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Implikasi dari penelitian ini diharapkan guru sebaiknya menerapkan model dan media pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik untuk dapat mencari informasi secara mandiri dari berbagai sumber dan dapat meningkatkan hasil belajar Selain itu, sekolah perlu mengadakan pelatihan yang berkaiatan dengan model dan media pembelajaran agar mendorong penerapan model dan media pembelajaran non konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24454
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching; Media Kokami; Keaktifan Belajar; Hasil Belajar.
Subjects: L > L89 Learning and scholarship
S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Nadia Fadilla Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2024 08:38
Last Modified: 23 Sep 2024 08:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29892

Actions (login required)

View Item View Item