MUCHLISOH, Wahyu (2024) Analisis Preferensi dan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Beras Hasil Produksi Rice Milling Unit (RMU) “Teaching Industry” Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Wahyu Muchlisoh-A1C020058-Skripsi-2024.pdf Download (169kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Wahyu Muchlisoh-A1C020058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Wahyu Muchlisoh-A1C020058-Skripsi-2024.pdf Download (203kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Wahyu Muchlisoh-A1C020058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 November 2025. Download (143kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Wahyu Muchlisoh-A1C020058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 November 2025. Download (345kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Wahyu Muchlisoh-A1C020058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 November 2025. Download (420kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Wahyu Muchlisoh-A1C020058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Wahyu Muchlisoh-A1C020058-Skripsi-2024.pdf Download (130kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Wahyu Muchlisoh-A1C020058-Skripsi-2024.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Wahyu Muchlisoh-A1C020058-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) |
Abstract
Rice Milling Unit (RMU) “Teaching Industry” Unsoed yang belum optimal dalam proses produksi beras harus terus berusaha untuk mengoptimalkan produksi agar dapat memperluas target pasar dan memberikan keuntungan. RMU “Teaching Industry” harus tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas beras yang diproduksi. Salah satu cara untuk mengetahui apakah beras yang di produksi “Teaching Industry” sudah berkualitas atau belum yaitu dilihat dari pendapat konsumen dengan melakukan penelitian mengenai preferensi dan kepuasan konsumen terhadap pembelian beras hasil produksi RMU “Teaching Industry”. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut beras hasil produksi RMU “Teaching Industry” dan mengetahui atribut yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan oleh pengelola RMU “Teaching Industry” untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini berlangsung selama 5 bulan dimulai dari Februari 2024 hingga Juli 2024 di RMU “Teaching Industry” dan penjualan beras yang berada di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Alat pendukung penelitian yaitu seperti laptop, kuesioner, alat tulis, software berupa aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 27.0 dan Microsoft Excel 2019. Bahan yang digunakan dalam penelitian adalah hasil dari pendapat yang disampaikan oleh responden berbentuk rating dari konsumen yang pernah membeli dan mengonsumsi beras hasil produksi RMU “Teaching Industry” baik di Kosuku, toko mitra dan membeli langsung dari RMU “Teaching Industry”. Rancangan pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dan snowball sampling dengan jumlah responden sebanyak 100. Variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu atribut beras hasil produksi RMU “Teaching Industry” (tingkat kekerasan beras, kebersihan, warna, aroma, daya tahan saat disimpan, keutuhan dan keseragaman beras, harga, kemasan, dan tempat). Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji instrumen, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), Model Kano, dan Integrasi Metode IPA-Kano. Hasil survei dari kuesioner didapatkan karakteristik konsumen beras hasil produksi RMU “Teaching Industry” terbanyak yaitu wanita, rentang usia 21-35 tahun, pekerjaan karyawan swasta, tingkat pendidikan perguruan tinggi, tingkat pendapatan perbulan Rp. 2.001.000 – Rp. 4.000.000, dengan frekuensi pembelian 2-5 kali, dan kemasan yang banyak dibeli yaitu kemasan 2 (beras pandan wangi, mentik wangi, rojolele, dan mendik susu). Tingkat kepuasan konsumen secara keseluruhan terhadap atribut beras hasil produksi RMU “Teaching Industry” berada pada rentang 60%-80%, yaitu sebesar 79,534%, dan dapat diartikan konsumen merasa “puas” terhadap atribut yang terdapat pada beras hasil produksi RMU “Teaching Industry”. Atribut beras yang menjadi preferensi atau kesukaan konsumen pada pembelian beras hasil produksi RMU “Teaching Industry”, yaitu pada atribut kebersihan (KB), daya tahan (DT), keutuhan dan keseragaman beras (KK2), dan warna beras yang sesuai standar mutu (W1) dikarenakan atribut tersebut memiliki tingkat kepentingan tinggi dan tingkat kinerja tinggi. Berdasarkan analisis Integrasi IPA-Kano terdapat 6 atribut yang termasuk ke dalam kategori peningkatan kinerja, yaitu tingkat kekerasan beras (TK), harga beras (H1), bahan kemasan beras (KM1), desain kemasan beras (KM2), lokasi strategis (TM1), dan lokasi dapat dikenal secara luas (TM2). Sedangkan 7 atribut yang termasuk ke dalam kategori pertahankan kinerja, yaitu beras memiliki aroma harum (A1), aroma beras bertahan lama (A2), warna beras sesuai standar mutu (W1), warna beras bertahan lama (W2), kebersihan beras (KB), beras bersih dari campuran (KK2), dan daya tahan beras (DT).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A24430 |
Uncontrolled Keywords: | Beras, Analisis Preferensi, Kepuasan Konsumen, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), Model Kano, dan Integrasi Metode IPA-Kano |
Subjects: | C > C793 Consumers J > J56 Job satisfaction |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian |
Depositing User: | Mrs. WAHYU MUCHLISOH |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 06:36 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 06:36 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30422 |
Actions (login required)
View Item |