Prihatini, Wiwit (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dan Kebiasaan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (COVER)
COVER-WIWIT PRIHATINI-C1L019014-SKRIPSI-2024.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-WIWIT PRIHATINI-C1L019014-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-WIWIT PRIHATINI-C1L019014-SKRIPSI-2024.pdf Download (220kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-WIWIT PRIHATINI-C1L019014-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 5 December 2025. Download (246kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-WIWIT PRIHATINI-C1L019014-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Registered users only until 5 December 2025. Download (377kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-WIWIT PRIHATINI-C1L019014-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 5 December 2025. Download (466kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-WIWIT PRIHATINI-C1L019014-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-WIWIT PRIHATINI-C1L019014-SKRIPSI-2024.pdf Download (219kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-WIWIT PRIHATINI-C1L019014-SKRIPSI-2024.pdf Download (227kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-WIWIT PRIHATINI-C1L019014-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak maksimalnya pendistribusian kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMA Negeri 1 Purwokerto yang diperlukan ketepatan model pembelajaran dan perbaikan kebiasaan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada siswa yang menerapkan model problem based learning dengan siswa yang tidak menerapkan model problem based learning dan untuk mengetahui apakah model problem based learning dan kebiasaan belajar berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas lainnya sebagai kelas eksperimen (kelas yang diberi perlakuan). Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 1 Purwokerto sedangkan untuk sampelnya ada pada XI M3 dan XI M4 yang dipilih dengan metode purposive sampling dengan pertimbangan kelas dengan selisih poin rata-rata nilai sumatif terkecil antara kelas XI dengan peminatan ekonomi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pretest-posttest dan kuesioner mengenai kebiasaan belajar siswa. Hasil analisis dari penelitian ini adalah 1) Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menerapkan model pembelajaran model problem based learning dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional/ceramah, 2) Penerapan model pembelajaran problem based learning dan kebiasaan belajar berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Model problem based learning berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah sedangkan kebiasaan belajar siswa berpengaruh negatif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Implikasi dari penelitian ini perlunya pendidik untuk menerapkan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan memberikan motivasi serta arahan agar peserta didik menerapkan aktivitas belajar yang mendukung penguasaan kemampuan pemecahan masalah. Keterbatasan penelitian ini yaitu waktu penelitian yang cukup singkat yaitu dua pertemuan dalam satu kelas sampel.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24498 |
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Kebiasaan Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah. |
Subjects: | L > L89 Learning and scholarship P > P545 Problem solving |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Wiwit Prihatini |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 06:52 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 06:52 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30908 |
Actions (login required)
View Item |