AMELIA, Risdianti (2025) Pengaruh Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru, Fasilitas Belajar, Dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Purwokerto Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Risdianti Amelia-C1L021034-Skripsi-2025.pdf Download (172kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Risdianti Amelia-C1L021034-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Risdianti Amelia-C1L021034-Skripsi-2025.pdf Download (224kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Risdianti Amelia-C1L021034-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2026. Download (385kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Risdianti Amelia_C1L021034-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Risdianti Amelia-C1L021034-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2026. Download (542kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Risdianti Amelia-C1L021034-Skripsi-2025 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Risdianti Amelia-C1L021034-Skripsi-2025.pdf Download (233kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Risdianti Amelia-C1L021034-Skripsi-2025.pdf Download (250kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Risdianti Amelia-C1L021034-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggunakan metode survei pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Penelitian ini didasari oleh permasalahan rendahnya tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru, fasilitas belajar, dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto pada mata pelajaran ekonomi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner tertutup kepada responden. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 206 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling, sehingga total sampel yang digunakan sebanyak 136 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto pada mata pelajaran ekonomi. Kedua, fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto pada mata pelajaran ekonomi. Ketiga, kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto pada mata pelajaran ekonomi. Implikasi dalam penelitian, yaitu: (1) Sekolah dan pembuat kebijakan pendidikan harus memberikan pelatihan berkelanjutan kepada guru untuk membantu mereka mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten secara sinergis; (2) Sekolah perlu memastikan ketersediaan infrastruktur pendidikan lengkap dan berkualitas untuk membangun suasana belajar yang ideal dan nyaman; (3) Guru dan sekolah perlu merancang strategi pembelajaran yang berpotensi memacu semangat belajar, disiplin, dan kesiapan mental siswa sebelum memulai proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25363 |
| Uncontrolled Keywords: | Mata Pelajaran Ekonomi, Kelas X, Metode Survei, Kuantitatif Deskriptif |
| Subjects: | C > C716 Concept learning |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs Risdianti Amelia |
| Date Deposited: | 23 Jul 2025 06:52 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 06:52 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
