Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Applying Wordwall.Net To Improve The Student' Reading Comprehension of Procedure Text (A Quasi-Experimental Research At The Grade X of MAN 1 Kebumen In The Academic Year 2023/2024)

DIANTI, Amalia Artha (2025) Applying Wordwall.Net To Improve The Student' Reading Comprehension of Procedure Text (A Quasi-Experimental Research At The Grade X of MAN 1 Kebumen In The Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf

Download (612kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf

Download (374kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2026.

Download (479kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2026.

Download (726kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2026.

Download (700kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf

Download (410kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf

Download (692kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meneliti penggunaan Wordwall.net sebagai media pembelajaran digital dalam meningkatkan pemahaman teks prosedur pada siswa kelas X. Penelitian dilakukan di MAN 1 Kebumen tahun ajaran 2023–2024. Fokus utamanya adalah penggunaan Wordwall.net untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui penggunaan Wordwall.net dalam meningkatkan pemahaman membaca teks prosedur; (2) menguji efektivitas Wordwall.net sebagai media pembelajaran; dan (3) mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen. Subjeknya adalah siswa kelas X di MAN 1 Kebumen, dengan dua kelas yang dipilih melalui purposive sampling: X4 sebagai kelompok eksperimen dan X3 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes tertulis (pre-test dan post-test), observasi kelas dengan lembar observasi, serta angket dengan pertanyaan tertutup. Analisis data menggunakan SPSS untuk menguji signifikansi statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan observasi, Wordwall.net efektif meningkatkan pemahaman membaca siswa, terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam memahami teks, menerjemahkan kosakata, dan mempresentasikan hasil. (2) Hasil tes menunjukkan peningkatan signifikan, dengan skor rata-rata post-test 77,63 pada kelompok eksperimen dan 68,60 pada kelompok kontrol. Nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) menunjukkan hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. (3) Angket menunjukkan persepsi positif, dengan 84,4% siswa memilih “sangat setuju” atau “setuju,” yang menunjukkan Wordwall.net efektif meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, Wordwall.net direkomendasikan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman membaca, khususnya teks prosedur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25234
Uncontrolled Keywords: Digital Media, Procedure Text, Quasi Experimental, Reading Comprehension, Wordwall.Net
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Mrs Amalia Artha Dianti
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:26
Last Modified: 21 Aug 2025 07:26
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36364

Actions (login required)

View Item View Item