DIANTI, Amalia Artha (2025) Applying Wordwall.Net To Improve The Student' Reading Comprehension of Procedure Text (A Quasi-Experimental Research At The Grade X of MAN 1 Kebumen In The Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf Download (612kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf Download (374kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2026. Download (479kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2026. Download (726kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2026. Download (700kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (974kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf Download (410kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf Download (692kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Amalia Artha Dianti- J1E020009-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meneliti penggunaan Wordwall.net sebagai media pembelajaran digital dalam meningkatkan pemahaman teks prosedur pada siswa kelas X. Penelitian dilakukan di MAN 1 Kebumen tahun ajaran 2023–2024. Fokus utamanya adalah penggunaan Wordwall.net untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui penggunaan Wordwall.net dalam meningkatkan pemahaman membaca teks prosedur; (2) menguji efektivitas Wordwall.net sebagai media pembelajaran; dan (3) mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen. Subjeknya adalah siswa kelas X di MAN 1 Kebumen, dengan dua kelas yang dipilih melalui purposive sampling: X4 sebagai kelompok eksperimen dan X3 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes tertulis (pre-test dan post-test), observasi kelas dengan lembar observasi, serta angket dengan pertanyaan tertutup. Analisis data menggunakan SPSS untuk menguji signifikansi statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan observasi, Wordwall.net efektif meningkatkan pemahaman membaca siswa, terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam memahami teks, menerjemahkan kosakata, dan mempresentasikan hasil. (2) Hasil tes menunjukkan peningkatan signifikan, dengan skor rata-rata post-test 77,63 pada kelompok eksperimen dan 68,60 pada kelompok kontrol. Nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) menunjukkan hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. (3) Angket menunjukkan persepsi positif, dengan 84,4% siswa memilih “sangat setuju” atau “setuju,” yang menunjukkan Wordwall.net efektif meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, Wordwall.net direkomendasikan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman membaca, khususnya teks prosedur.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25234 |
| Uncontrolled Keywords: | Digital Media, Procedure Text, Quasi Experimental, Reading Comprehension, Wordwall.Net |
| Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
| Depositing User: | Mrs Amalia Artha Dianti |
| Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:26 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 07:26 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
