SAVITRI, Anastasia (2022) Pengaruh Kredibilitas Influencer Media Sosial Terhadap Niat Beli Dengan Sikap Merek dan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Mediasi pada Produk Cimory. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Anastasia Savitri-C2C020005-Tesis-2022.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anastasia Savitri-C2C020005-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anastasia Savitri-C2C020005-Tesis-2022.pdf Download (128kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Anastasia Savitri-C2C020005-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 1 September 2023. Download (163kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Anastasia Savitri-C2C020005-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 1 September 2023. Download (280kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Anastasia savitri-C2C020005-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 1 September 2023. Download (256kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Anastasia Savitri-C2C020005-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Anastasia Savitri-C2C020005-Tesis-2022.pdf Download (61kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anastasia Savitri-C2C020005-Tesis-2022.pdf Download (182kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anastasia Savitri-C2C020005-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian terhadap pengguna Youtube yang pernah melihat Jerome Polin mempromosikan merek Cimory. Judul penelitian ini “Pengaruh Kredibilitas Influencer Media Sosial terhadap Niat Beli dengan Sikap Merek dan Kesadaran Merek sebagai Variabel Mediasi pada Produk Cimory”. Tujuan umum pada penelitian ini adalah untuk menjelaskan inkonsistensi hasil penelitian tentang pengaruh influencer media sosial (daya tarik, keahlian, dan kepercayaan) terhadap niat beli. Populasi penelitian ini adalah pengguna Youtube yang pernah melihat Jerome Polin mempromosikan merek Cimory. Jumlah sampel 221 responden. Metode pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu SEM dengan software AMOS 22. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan hasil seperti berikut: (1) daya tarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap merek, (2) keahlian berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap merek, (3) kepercayaan tidak berpengaruh terhadap sikap merek, (4) daya tarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek, (5) keahlian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek, (6) kepercayaan tidak berpengaruh terhadap kesadaran merek, (7) daya tarik tidak berpengaruh terhadap niat beli, (8) keahlian tidak berpengaruh terhadap niat beli, (9) kepercayaan tidak berpengaruh terhadap niat beli, (10) sikap merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, (11) kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, (12) sikap merek tidak memediasi antara daya tarik terhadap niat beli, (13) sikap merek tidak memediasi antara keahlian terhadap niat beli, (14) sikap merek tidak memediasi antara kepercayaan terhadap niat beli, (15) kesadaran merek tidak memediasi antara daya tarik terhadap niat beli, (16) kesadaran merek tidak memediasi antara keahlian terhadap niat beli, dan (17) kesadaran merek tidak memediasi antara kepercayaan terhadap niat beli. Penelitian ini adalah penelitian teoritis yang memberikan solusi untuk gap penelitian ini. Gap penelitian ini berupa hasil yang tidak konsisten antara variabel independent (daya tarik, keahlian, dan kepercayaan) terhadap variabel dependen (niat beli). Menyelesaikan perbedaan hasil tersebut, peneliti menambahkan variabel mediasi (sikap merek dan kesadaran merek). Setelah diuji, peneliti menemukan bahwa sikap merek dan kesadaran merek tidak dapat memediasi anatara variabel daya tarik, keahlian, dan kepercayaan terhadap niat beli, karena pada pengujian langsung antara variabel independen dan variabel dependen tidak berpengaruh signifikan. Theory Planned Behavior (TPB) memeriksa bagaimana sikap dan niat dalam benak konsumen dan TPB membuktikan bahwa teori ini mendasari penelitian sikap dan niat, khususnya pada penelitian ini sikap merek terhadap niat beli seseorang. Daya tarik dan Keahlian ditemukan memainkan peran yang penting dalam pembentukan sikap terhadap merek. Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi dan referensi bagi pembaca, dan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P222202 |
Uncontrolled Keywords: | Daya Tarik Influencer, Keahlian Influencer, Kepercayaan Influencer, Influencer Media Sosial, Sikap Merek, Kesadaran Merek, Niat Beli, Theory of Planned Bheavior, Kredibilitas Influencer. |
Subjects: | B > B337 Brand name products I > I260 Internet marketing P > P668 Purchasing |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mrs Anastasia Savitri |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 06:36 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 06:36 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18005 |
Actions (login required)
View Item |