WIRATI, Rifa' Rahma (2022) Strategi Komunikasi Pendidikan di SD Negeri 5 Cingebul Lumbir Banyumas sebagai Upaya Penunjang Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rifa' Rahma Wirati-F1C018058-Skripsi-2022.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rifa' Rahma Wirati-F1C018058-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rifa' Rahma Wirati-F1C018058-Skripsi-2022.pdf Download (269kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rifa' Rahma Wirati-F1C018058-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 29 November 2023. Download (257kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rifa' Rahma Wirati-F1C018058-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 29 November 2023. Download (298kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rifa' Rahma Wirati-F1C018058-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 29 November 2023. Download (249kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rifa' Rahma Wirati-F1C018058-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rifa' Rahma Wirati-F1C018058-Skripsi-2022.pdf Download (244kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rifa' Rahma Wirati-F1C018058-Skripsi-2022.pdf Download (261kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rifa' Rahma Wirati-F1C018058-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penyesuaian penyelenggaraan pembelajaran menjadi salah satu efek adanya pandemi covid-19. Adanya penyelenggaran pembelajaran tatap muka yang berganti menjadi pembelajaran jarak jauh / daring, kemudian berganti kembali menjadi pembelajaran tatap muka mengharuskan guru dapat menyusun strategi komunikasi pendidikan demi mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Strategi komunikasi yang terbentuk diharapkan dapat menunjang motivasi belajar siswa yang harus selalu mengikuti berbagai penyesuaian. SD Negeri 5 Cingebul merupakan salah satu sekolah dasar yang telah menerapkan beberapa penyesuaian pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisa strategi komunikasi pendidikan yang diterapkan di SD Negeri 5 Cingebul Lumbir Banyumas sebagai upaya penunjang motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teori penguatan dan teori motivasi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan teknik purposive sampling, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa SD Negeri 5 Cingebul dalam menerapkan strategi komunikasi pendidikan sebagai penunjang motivasi belajar siswa menggunakan langkah mengenali khalayak (peseta didik), menentukan tujuan pembelejaran, menulis pesan (bahan pembelajaran), menentuan metode dan memilih media.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22373 |
Uncontrolled Keywords: | strategi komunikasi pendidikan, pembelajaran, motivasi belajar |
Subjects: | C > C631 Communication C > C716 Concept learning S > S733 Strategy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Rifa' Rahma Wirati |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 06:27 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 06:27 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19057 |
Actions (login required)
View Item |