Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perilaku Bullying dalam Film A Girl Like Her (Studi Semiotik Charles Sanders Peirce tentang Bullying dalam Film A Girl Like Her)

FIRANOERMA, Zhiva (2023) Perilaku Bullying dalam Film A Girl Like Her (Studi Semiotik Charles Sanders Peirce tentang Bullying dalam Film A Girl Like Her). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Zhiva Sediqi Firanoerma-F1A018090-Skripsi-2023.pdf

Download (485kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Zhiva Sediqi Firanoerma-F1A018090-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Zhiva Sediqi Firanoerma-F1A018090-Skripsi-2023.pdf

Download (482kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Zhiva Sediqi Firanoerma-F1A018090-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 February 2024.

Download (422kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Zhiva Sediqi Firanoerma-F1A018090-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 February 2024.

Download (521kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Zhiva Sediqi Firanoerma-F1A018090-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 February 2024.

Download (516kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Zhiva Sediqi Firanoerma-F1A018090-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Zhiva Sediqi Firanoerma-F1A018090-Skripsi-2023.pdf

Download (549kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Zhiva Sediqi Firanoerma-F1A018090-Skripsi-2023.pdf

Download (417kB)

Abstract

Film sebagai media komunikasi yaitu dimana penonton sebagai komunikan yang menerima pesan secara pasif dari para pembuat film sebagai komunikator. Cerita dalam film berkaitan dengan budaya yang ada pada masyarakat, yang mana direpresentasikan dalam berbagai genre film. Diantaranya film dengan genre drama sekaligus mockumentary dengan tema berupa masalah sosial. Dimana dalam film tersebut adalah representasi dari kehidupan sehari-hari di masyarakat yaitu perilaku bullying yang terjadi di sekolah. Salah satu film yang tidak hanya memperilhatkan perilaku bullying, namun juga memperlihatkan cara menolong korban dengan menolong pelaku bullying. Berdasarkan sudut pandang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku bullying dalam film A Girl Like Her (2015). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah semiotika Charles Sanders Peirce. Menurut van Zoest (1999: 112) dalam (Sobur, 2016) menyatakan bahwa konsep semiotika Peirce yaitu ikon, simbol, dan indeks lebih memberikan prespektif, sehingga dapat memberikan pemahaman mengenai bagaimana cara tanda-tanda cerita film dapat menjadi efektif dalam mengungkapkan makna. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah film A Girl Like Her (2015). Peneliti akan memfokuskan pada enam potongan adegan film sebagai data utama yang dianalisis. Hasil penelitian dengan menganalisis enam potongan adegan dalam film A Girl Like Her yang merepresentasi tentang perilaku bullying yang terjadi di sekolah. Dalam film memperlihatkan perilaku bullying yang masih banyak terjadi diantaranya bullying verbal dan bullying fisik. Dalam film juga memperlihatkan dampak negatif yang dapat membahayakan baik korban maupun pelaku. Korban yang merasa tertekan dengan perilaku bullying hingga berakhir melakukan bunuh diri. Kemudian pelaku bullying yang tanpa sadar akan semakin agresif, dan rasa bersalah yang sangat besar ketika mengetahui perbuatannya. Pelaku bullying mempunyai beberapa faktor yang mendasari perilaku bullyingnya yaitu keluarga yang tidak harmonis. Pada film A Girl Like Her juga merepresentasikan peran dari defender sebagai pembela korban bullying dan peran dari asisten pelaku bullying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23072
Uncontrolled Keywords: bullying, film A Girl Like Her, semiotika
Subjects: B > B392 Bullies
F > F46 Fantasy films
S > S210 Semiotics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs FIRANOERMA Zhiva Sediqi
Date Deposited: 23 Feb 2023 00:47
Last Modified: 23 Feb 2023 00:47
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20318

Actions (login required)

View Item View Item